Show simple item record

dc.contributor.advisorSarma, Ma'mun
dc.contributor.authorNugraha, Rahmat
dc.date.accessioned2013-05-31T02:15:44Z
dc.date.available2013-05-31T02:15:44Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/63889
dc.description.abstractSharia banking growth is fast. It opens probability for the issuing sharia credit card which has a good prospect. Thought, a great number of Indonesian are moslem. PT Bank BNI Syariah has seen this potential by issuing Hasanah Card (sharia credit card) since 2009. This new product needs an effective promotion to maintain the old costumer and also offer the new costumer. Thus, this research have three goals are to: (1) learn how PT Bank BNI Syariah promote Hasanah Card to costumer, (2) analyse which factors are influencing its promotional strategy, and (3) arrange effective alternative promotional strategy. Primary and secondary data are used in this research. AHP (Analytical Hierarchy Process) is used as analytical tool. Based from the result of this research, the market location and customer are the most influencing factors in the arranging of Hasanah Card promotional strategy. The influencing actors in this arranging strategy of company marketing is are manager of product development and marketing strategy and also operational manager of Hasanah Card Division. The goal which PT Bank BNI Syariah want to reach from Hasanah Card arranging promotional strategy is increasing volume of market and widening long term market share also increasing the use of Hasanah Card by customer. PT Bank BNI Syariah might apply more pro active marketing promotion in such as dicountes and business opportunity and increasing personal marketing with dirrect selling agency and Office to Office.en
dc.description.abstractPerkembangan perbankan syariah di Indonesia sedang mengalami pertumbuhan yang pesat. Hal ini membuka peluang bagi hadirnya kartu kredit syariah. Potensi ini telah dilirik oleh PT Bank BNI Syariah yaitu dengan menerbitkan kartu kredit syariah bernama Hasanah Card sejak tahun 2009. Dalam perjalanan bisnisnya, perlu upaya promosi untuk mempertahankan nasabah lama dan juga menawarkan produk kepada calon nasabah mengingat produk ini tergolong produk baru dalam masa pertumbuhan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mempelajari kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT Bank BNI Syariah dalam mengomunikasikan produk Hasanah Card kepada konsumen; (2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi strategi promosi Hasanah Card; dan (3) Menyusun alternatif strategi promosi yang paling tepat untuk diterapkan bagi produk Hasanah Card. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Adapun alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah AHP (Analytical Hierarchy Process). Berdasarkan hasil penelitian, faktor yang paling berpengaruh dalam penyusunan strategi promosi Hasanah Card adalah lokasi pasar, selanjutnya pelanggan. Aktor yang berpengaruh dalam penyusunan strategi pemasaran perusahan yaitu manager pengembangan produk dan pemasaran strategis, dan manajer operasional pada divisi Hasanah Card. Tujuan penyusunan strategi promosi Hasanah Card yang paling ingin dicapai PT Bank BNI Syariah yaitu meningkatkan volume penjualan dalam rangka memperluas market share jangka panjang, selanjutnya mendorong konsumen untuk meningkatkan penggunaan Hasanah Card. Alternatif strategi promosi yang dapat dilakukan oleh PT Bank BNI Syariah adalah dengan lebih pro-aktif dalam mengadakan promosi penjualan dalam bentuk diskon dan business opportunity serta meningkatkan penjualan pribadi dengan direct selling agency dan Office to Office.
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis strategi promosi hasanah card pada PT Bank BNI Syariahen


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record