Show simple item record

dc.contributor.advisorSyamsun, M
dc.contributor.authorAriska, Win Farid
dc.date.accessioned2013-05-16T03:09:40Z
dc.date.available2013-05-16T03:09:40Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/63596
dc.description.abstractSocial media adalah konten berisi informasi, yang dibuat oleh orang yang memanfaatkan teknologi penerbitan, sangat mudah diakses dan dimaksudkan untuk memfasilitasi komunikasi, pengaruh dan interaksi dengan sesama dan dengan khalayak umum. Hal ini biasanya dilakukan melalui Internet dan jaringan komunikasi mobile. Tingginya pengguna social media di Indonesia memacu para produsen untuk membuat iklan atau melakukan promosi termasuk produsen Android. Salah satu model yang dapat menganalisis efektivitas iklan terhadap pembelian adalah Consumer Decision Model (CDM). CDM adalah model dengan enam variabel yang saling berhubungan yaitu: Pesan Iklan (F, finding information), Pengenalan merek (B, brand recognation), Kepercayaan Konsumen (C, confidence), Sikap Konsumen (A, attitude), Niat Beli (I, intention) dan Pembelian Nyata (P, purchase). Alur model dalam CDM berawal dari pesan iklan (F) oleh konsumen. Informasi yang diterima dapat menyebabkan tiga kemungkinan pengaruh yang dimulai dari pengenalan merek (B), tingkat kepercayaan (C), atau dari informasi itu yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen menunjukkan kesesuaian yang akan membentuk sikap (A). Kemudian dari pengenalan merek (B) selanjutnya dievaluasi apakah pengenalan tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen dimana kesesuaian tersebut akan membentuk sikap (A), dan menambah tingkat kepercayaan (C). Pengenalan merek mempunyai sumbangan berupa penguatan terhadap sikap dan keyakinan konsumen terhadap merek yang ditawarkan yang pada akhirnya kesemuanya mampu menimbulkan niat beli (I) dari konsumen. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian yang nyata (P). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas social media android dalam mengkomunikasikan pesannya kepada konsumen dengan menggunakan Model Persamaan Struktural. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu dengan penyebaran kuesioner dan data sekunder. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sofware Social Package for Social (SPSS) 17.0 dan SmartPLS 2.0. Hasil dari analisis PLS didapat bahwa pengaruh F terhadap B signifikan dengan nilai t sebesar 22,12 lebih besar dari t tabel 1,96. Pengaruh F terhadap C k signifikan karena nilai t lebih kecil dari t tabel (2,83>1,96), begitu juga dengan pengaruh F terhadap A signifikan (2,10>1,96). Pengaruh B terhadap C signifikan (4,84>1,96), pengaruh B terhadap A signifikan (6,49>1,96). C terhadap I berpengaruh signifikan (2,58>1,96), begitu juga dengan pengaruh variabel A terhadap I signifikan (3,59>1,96). Selanjutnya pengaruh variabel I terhadap P berpengaruh signifikan karena nilai t statistiknya lebih besar dari t tabel (14,58>1,96).en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Efektivitas Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Android menggunakan Model Persamaan Struktural (Studi Kasus Mahasiswa Diploma IPB)en


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record