Show simple item record

dc.contributor.advisorSuroso, Arif Imam
dc.contributor.authorSari, Ria Pravita
dc.date.accessioned2013-04-24T01:31:42Z
dc.date.available2013-04-24T01:31:42Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62768
dc.description.abstractPerkembangan objek wisata yang semakin marak akhir-akhir ini menyebabkan persaingan yang ada semakin ketat. Dunia Fantasi yang merupakan taman rekreasi terbesar di Indonesia membutuhkan suatu strategi promosi yang efektif untuk mempromosikan produknya kepada konsumen dan meningkatkan pangsa pasarnya sehingga Dunia Fantasi dapat terus bertahan dalam industri jasa wisata. Penelitian ini bertujuan (1) Mengidentifikasikan kegiatan promosi yang dilakukan oleh Dunia Fantasi, (2) Mempelajari proses pengambilan keputusan konsumen yang berkunjung ke taman rekreasi Dunia Fantasi, (3) Menganalisis respons konsumen terhadap efektivitas bauran promosi taman rekreasi Dunia Fantasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekuder. Data primer diperoleh dari hasil pengamatan langsung di lapangan, wawancara dengan pihak perusahaan dan konsumen, serta pengisian kuesioner oleh konsumen. Data sekunder bersumber dari laporan tertulis atau dokumen perusahaan serta data-data literatur yang relevan. Proses pengolahan data menggunakan analisis deskriptif, EPIC Model, dan Uji Wilcoxon dengan bantuan Microsoft Excell dan software SPSS 16.00 for windows. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh Dunia Fantasi meliputi periklanan, promosi penjualan, penjualan personal, dan hubungan masyarakat. Hasil analisis proses pengambilan keputusan konsumen Dunia Fantasi pada tahap pengenalan kebutuhan, motivasi utama konsumen berkunjung adalah berekreasi/liburan (85%). Pada tahap pencarian informasi, sumber informasi yang dominan adalah informasi dari keluarga atau teman (word of mouth) 41 persen, dan yang menjadi fokus perhatian konsumen adalah wahana permainan (57%). Pada tahap evaluasi alternatif, pertimbangan utama konsumen adalah fasilitasnya yang lengkap (45%). Pada tahap keputusan pembelian, konsumen memutuskan untuk berkunjung ke Dunia Fantasi secara terencana (65%). Pada tahap evaluasi pascapembelian, tingkat kepuasan konsumen cenderung puas (54%) dan minat mengunjungi Dunia Fantasi kembali sangat tinggi (93%). Hasil pengukuran efektivitas promosi dengan EPIC Model menunjukkan bahwa promosi Dunia Fantasi masuk dalam kategori promosi yang efektif dilihat dari EPIC Rate yang diperoleh yaitu sebesar 3,725. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada empati konsumen, peningkatan pada kepercayaan, sikap, dan keinginan konsumen, peningkatan pada pengetahuan dan tingkat keterlibatan konsumen, serta peningkatan pemahaman konsumen akan pesan.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis efektivitas bauran promosi pada Taman Rekreasi Dunia Fantasi Taman Impian Jaya Ancol Jakartaen


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record