Show simple item record

dc.contributor.advisorAminah, Mimin
dc.contributor.authorPusparini, Ranti
dc.date.accessioned2013-04-24T01:29:51Z
dc.date.available2013-04-24T01:29:51Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62767
dc.description.abstractIndonesia merupakan salah satu negara yang terkenal memiliki objek wisata alam yang beragam di beberapa daerah, salah satu daerah yang berpotensi memiliki objek wisata adalah Kota Tasikmalaya. Perkembangan Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tasikmalaya dari tahun ke tahun pun mengalami peningkatan jumlah wisatawan yaitu pada tahun 2008 sebanyak 228.678 orang dan tahun 2009 sebanyak 354.886 orang. Salah satu sarana yang sangat menunjang bagi keberlangsungan perkembangan wisata kota Tasikmalaya adalah industri perhotelan, dimana perhotelan berpengaruh besar dalam memberikan fasilitas berupa pelayanan dan fasilitas penginapan. Alternatif alokasi promosi yang baik sangat diperlukan Crown Hotel Tasikmalaya dalam kegiatan promosi untuk menarik konsumen berkunjung ke hotel. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi bentuk kegiatan promosi yang dilakukan oleh Crown Hotel Tasikmalaya dalam menarik pengunjung hotel, (2) Mengkaji faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penyusunan alokasi bauran promosi oleh manajemen Crown Hotel Tasikmalaya, dan (3) Mendapatkan alternatif alokasi bauran promosi yang dilaksanakan Crown Hotel Tasikmalaya. Data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner dan wawancara dengan empat responden yaitu marketing manager, eksekutif asisten manager, front office manager, dan accounting manager. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi literatur di perpustakaan, internet, skripsi terdahulu dan beberapa literatur yang terkait. Analisis ini menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process ) dengan bantuan software Expert Choice 2000 dan Microsoft Excel 2007. Berdasarkan hasil penelitian, bentuk-bentuk promosi yang telah dilakukan oleh Crown Hotel adalah periklanan, promosi penjualan, publisitas dan humas, serta pemasaran langsung. Faktor-faktor yang teridentifikasi sebagai faktor penyusun alokasi promosi Crown Hotel Tasikmalaya terdiri dari lima faktor yaitu : karakteristik produk seperti penyampaian informasi produk Crown Hotel Tasikmalaya harus disesuaikan dengan jenis produk hotel, kemudian mengutamakan pelayanan, sarana dan fasilitas yang menjadi pertimbangan perusahaan untuk menunjang kegiatan promosi, tahap daur hidup produk yang memiliki efektivitas biaya berbeda-beda sesuai dengan tahap daur hidup produk yang berbeda, dana yang tersedia untuk keperluan promosi merupakan faktor penentu dalam penyusunan alokasi promosi, serta segmentation, targetting, dan positioning dalam melakukan kegiatan promosi. Berdasarkan perhitungan vertikal, prioritas alokasi pada pelaksanaan kegiatan promosi Crown Hotel adalah melakukan peningkatan promosi yang lebih aktif pada kegiatan pemasaran langsung (0,233), memberikan penawaran khusus pada promosi penjualan (0,217), mengikuti kegiatan pameran pada kegiatan penjualan personal (0,202), menggunakan media cetak pada kegiatan periklanan (0,197), dan Crown Hotel membuat website pada kegiatan publisitas dan humas (0,153).en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Alokasi Bauran Promosi Pada Crown Hotel Tasikmalayaen


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record