Analisis Strategi Pemasaran Pada Sumber Tas Bogor
Abstract
Tas merupakan salah satu produk mode yang melekat pada seluruh masyarakat Indonesia dan menjadi ajang bisnis yang kompetitif, terutama di wilayah Bogor bagian Timur, yaitu Tajur. Sumber Tas berdiri sejak tahun 2002 yang merupakan salah satu unit usaha dari CV. Sumber Inti Megah. Sumber Tas memiliki Pabrik sendiri, yang dalam memproduksi Tas membutuhkan respon dari konsumen. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Sumber Tas adalah selalu mengutamakan trend, membuat desain-desain baru dan mengutamakan kualitas Produk dengan harga yang bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengkaji bauran pemasaran yang telah dijalankan oleh Sumber Tas Bogor, (2) Menganalisis kondisi lingkungan internal dan lingkungan eksternal yang dihadapi oleh Sumber Tas Bogor, (3) Merumuskan alternatif strategi pemasaran yang tepat bagi Sumber Tas Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Adapun alat bantu analisis yang digunakan adalah Matriks Faktor Internal (IFE) dan Matriks Faktor Eksternal (EFE), Matriks IE, Matriks SWOT dan QSPM. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah berdasarkan hasil analisis Matriks IFE, menunjukkan bahwa faktor yang menjadi kekuatan utama perusahaan adalah “Lokasi Sumber Tas yang Strategis” dengan nilai tertimbang tertinggi sebesar 0,309, sedangkan kelemahan utama adalah “Belum Memiliki Merek sendiri” dengan nilai tertimbang terkecil sebesar 0,079 dan diperoleh total bobot skor sebesar 2,011. Hal ini menunjukkan bahwa Sumber Tas memiliki kondisi internal yang rata-rata atau sedang dalam menggunakan kekuatan untuk mengatasi Kelemahan-kelemahan yang ada. Sedangkan Berdasarkan hasil analisis Matriks EFE, menunjukkan bahwa faktor yang menjadi peluang utama perusahaan adalah “perubahan mode dan gaya hidup masyarakat”, dengan nilai tertimbang tertinggi sebesar 0,317. sedangkan Ancaman utama adalah “persaingan dengan usaha sejenis”, dengan nilai tertimbang terkecil sebesar 0,129 dan diperoleh total bobot skor sebesar 2,017. Hal ini menunjukkan bahwa Sumber Tas berada pada kondisi rata-rata atau sedang. Maka dapat dilihat pada Matriks IE Sumber Tas dalam pemasarannya menempati posisi dalam sel V. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan berada pada posisi Hold and Maintain (mempertahankan dan memelihara). Strategi yang tepat digunakan dalam kuadran ini adalah strategi intensif (penetrasi pasar, pengembangan produk). Berdasarkan hasil analisis QSPM, strategi terbaik yang harus dilakukan adalah salah satu strategi WO yaitu Meningkatkan efektivitas promosi melalui iklan, media, dan website serta meningkatkan sponsorship event-event atau kegiatan kemahasiswaan serta mengadakan program pemberian diskon pada moment tertentu seperti hari liburan nasional.
Collections
- UT - Management [3458]