Show simple item record

dc.contributor.advisorSyamsun, Muhammad
dc.contributor.advisorIndrawan, R. Dikky
dc.contributor.authorNurhayati, Vitri
dc.date.accessioned2013-04-23T01:58:13Z
dc.date.available2013-04-23T01:58:13Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62702
dc.description.abstractSebagai salah satu bimbingan belajar yang baru didirikan maka Bimbingan Belajar KOMUNITAS dirasa harus mengetahui bagaimana perilaku konsumen yang ada untuk memperoleh suatu keputusan manajemen yang baik. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan pembelian jasa, menganalisis hubungan antara karakteristik siswa dengan pengambilan keputusan pembelian jasa, dan menganalisis hubungan antara karakteristik siswa dengan pengambilan keputusan pembelian jasa siswa Uji Coba Bimbingan Belajar KOMUNITAS. Pada proses pengambilan keputusan tahap pengenalan kebutuhan alasan siswa UC mengikuti bimbingan belajar adalah karena ingin menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Manfaat yang dicari adalah agar lebih memahami pelajaran. Siswa UC memperoleh informasi dari teman dan promosi yang dilakukan bimbingan belajar ternyata mampu menarik perhatian untuk mencoba. Pada tahap evaluasi alternatif guru yang kompeten menjadi fokus perhatian, evaluasi mengenai harga serta lokasi juga dilakukan. Pengaruh orang lain dalam pembelian tidak cukup berarti. Secara keseluruhan siswa UC merasa puas dengan layanan namun mereka akan berpindah ke bimbel lain jika harga yang ditawarkan oleh Bimbingan Belajar KOMUNITAS meningkat pada tahun berikutnya. Variabel budaya, keikutsertaan teman, waktu belajar, harga, durasi, kualitas guru, kepribadian, gaya hidup, promosi, ketepatan waktu, pengadaan evaluasi, fleksibilitas waktu, kecepatan penanganan, cara praktis, pengajar lulusan PTN, kemudahan menghubungi, konsultasi, staf FO berkomunikasi, keadaan bangunan, dan kelengkapan fasilitas lembaga merupakan variabel yang mendorong siswa UC untuk mendaftar langsung. Untuk siswa UC yang menunda mendaftar variabel yang mendorong adalah tingkat pendidikan orang tua, rekomendasi keluarga, pendapatan orang tua, motivasi, manfaat, keterampilan karyawan, kepercayaan nama bimbel, media informasi, kesesuaian pelayanan dengan janji, kesediaan membantu, penanganan siswa, pengetahuan pengajar, reputasi bimbel, kesopanan pengajar, kesediaan menjadi sahabat, kebersihan dan ketersediaan kantin. Variabel yang membuat siswa UC tidak mendaftar adalah pekerjaan orang tua, nama bimbel, lokasi bimbel, fasilitas yang ditawarkan, pengalaman belajar, penyampaian materi, prosedur pelayanan, kesigapan staf, kemampuan pengajar memotivasi, serta penampilan pengajar dan karyawan. Karakteristik usia dan kelas pada Siswa UC berhubungan dengan alasan, harga, kualitas guru, orang yang berpengaruh, cara memutuskan kedatangan, kepuasan serta faktor yang mempengaruhi dan loyalitas Siswa UC. Pada arakteristik asal sekolah ditemukan hubungan dengan alasan, harga, orang yang berpengaruh, cara memutuskan kedatangan, intensitas kehadiran, kepuasan serta faktor yang mempengaruhi dan loyalitas siswa UC. Karakteristik pekerjaan orang tua ternyata tidak ditemukan adanya hubungan sama sekali dengan proses pengambilan keputusan yang ada dan karakteristik berdasarkan jenis kelamin hanya berhubungan dengan fokus utama saja.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Diskriminan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Jasa (Studi Kasus Siswa Uji Coba Bimbingan Belajar Komunitas di Cibinong dan Depok)en


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record