Show simple item record

dc.contributor.advisorAminah, Mimin
dc.contributor.authorTeguh, Wahyu
dc.date.accessioned2013-04-23T01:39:22Z
dc.date.available2013-04-23T01:39:22Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62692
dc.description.abstractPT Amway Indonesia merupakan suatu perusahaan Multi Level Marketing (MLM) yang bergerak dalam beraneka ragam produk salah satunya adalah produk nutrisi dan kesehatan yang bernama Nutrilite Salmon Omega 3. Salmon Omega 3 merupakan salah satu varian dari Nutrilite yang berfungsi penting bagi sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung serta perkembangan otak. Dari total penjualan PT Amway di Indonesia, sekitar 50 persen kontribusinya berasal dari penjualan produk-produk Nutrilite. Penelitian ini bertujuan (1) Mengidentifikasi karakteristik dari konsumen produk Nutrilite Salmon Omega 3, (2) Menganalisis proses pengambilan keputusan pembelian konsumen, dan (3) Menganalisis atribut produk seperti apa yang dipentingkan serta mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen. Penelitian ini dilakukan di Amway Distribution Center Bogor yang berlokasi di Ruko Bantar Kemang, Jl Raya Pajajaran No. 20i Bogor. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dan penyebaran kuesioner kepada 100 orang responden. Pengambilan contoh responden dalam penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik judgement sampling. Data sekunder diperoleh dari dokumen bisnis perusahaan, perpustakaan, internet, dan buku yang terkait lainnya. Analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis faktor dengan alat pengolah data SPSS 16.0 Berdasarkan hasil dari penelitian, diketahui bahwa sebagian besar berjenis kelamin perempuan (67%) dengan rentang usia 36 - 46 tahun (45%). Responden berstatus telah menikah lebih dominan (88%) dengan pendidikan terakhir sebagian besar lulusan sarjana (S1) (56%). Pekerjaan yang paling dominan adalah pengusaha/wirausaha (32%), dengan tingkat pendapatan rata-rata perbulan Rp 1.000.001 – Rp 5.000.000 (51%). Seluruh konsumen umumnya telah melakukan lima tahapan dalam proses keputusan pembelian, namun proses yang dilakukan dalam setiap tahapan berbeda untuk tiap konsumen. Sebagian besar konsumen lebih memilih menggunakan Nutrilite Salmon Omega 3 adalah didasari dari kualitas produk, images produk, peluang bisnis serta manfaat yang diperoleh dengan hasil kesehatan yang optimal. Berdasarkan analisis faktor diketahui ada tujuh faktor yang terbentuk, pertama faktor keunggulan dengan atribut produk yang paling berpengaruh adalah komposisi/kandungan produk (0,848). Faktor yang kedua adalah faktor internal dengan atribut produk variasi warna kemasan (0,837). Faktor yang ketiga adalah faktor fitur produk dengan atribut produk keterangan pada label (0,819). Faktor yang keempat adalah faktor jaminan produk dengan atribut produk jaminan tahan lama (0,760). Faktor yang kelima adalah faktor eksternal produk dengan atribut produk peluang bisnis (0,881). Faktor yang keenam adalah faktor merk dengan atribut produk brand images (0,893). Faktor yang ketujuh adalah faktor bauran pemasaran dengan atribut produk promosi (0,781).en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Proses Pengambilan Keputusan Serta Atribut yang Dipentingkan Konsumen Dalam Pembelian Nutrilite Salmon Omega 3 (Studi Kasus Amway Distribution Center Bogor)en


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record