Show simple item record

dc.contributor.advisorSarma, Ma’mun
dc.contributor.authorJulianto, Pandu Prasetyo
dc.date.accessioned2013-04-23T01:02:01Z
dc.date.available2013-04-23T01:02:01Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62681
dc.description.abstractTerjadinya perubahan ekonomi di dalam kehidupan masyarakat saat ini yang berupa perubahan pendapatan, daya beli, selera, kebutuhan dan keinginan masyarakat membuat persaingan dunia bisnis semakin ketat, maka perusahaan dituntut untuk selalu mengantisipasi perubahan yang terjadi, baik lingkungan internal maupun eksternal, sehingga perusahaan dapat tetap bertahan dan mampu bersaing dengan perusahaan lain yang sejenis. Saat ini pertumbuhan perusahaan dalam bidang otomotif semakin pesat. Semakin pesatnya pertumbuhan jumlah perusahaan otomotif ini, maka persaingan di bidang pemasaran kendaraan pun semakin ketat dengan berbagai merek. PT Astra Internasional Auto 2000 Bogor merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang otomotif. Salah satu produknya adalah mobil truk Toyota Dyna MT Dsi. Kemampuan perusahaan dalam menganalisis lingkungan pemasaran merupakan salah satu faktor yang penting untuk keberhasilan perusahaan menetapkan strategi pemasaran yang tepat. Sehingga perusahaan dapat memanfaatkan peluang dan kelebihan yang dimiliki serta mengantisipasi kelemahan dan ancaman yang akan dihadapinya. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan pemasaran PT Astra Internasional Auto 2000 Bogor, mengidentifikasi faktor-faktor eksternal yang menjadi peluang dan ancaman pemasaran PT Astra Internasional Auto 2000 Bogor dan merumuskan alternatif strategi pemasaran terbaik dengan memperhatikan kondisi lingkungan perusahaan. Faktor internal dari divisi penjualan truk Dyna PT Astra Internasional Auto 2000 Bogor yaitu kekuatan dan kelemahan di dalam perusahaan itu sendiri. Kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan yaitu Brand Image Toyota Dyna yang dikenal luas; segmentasi, targeting, dan positioning perusahaan jelas; kuatnya layanan after sales (suku cadang dan service); perusahaan telah berpengalaman dan menguasai teknologi; tipe mobil yang dipasarkan beragam; produk berkualitas dan berstandar internasional, dan pelayanan yang baik kepada konsumen. Kelemahan yang ada pada divisi penjualan truk Dyna PT Astra Internasional Auto 2000 Bogor dalam memasarkan mobil truk adalah harga mobil yang relatif tinggi, kebijakan mengenai inovasi produk ditentukan oleh kantor pusat, promosi yang belum efektif untuk mobil truk, dan spare parts dyna yang sulit di pasaran. Hasil analisis matriks IFE menunjukkan bahwa faktor strategis yang menjadi kekuatan utama perusahaan adalah Brand Image Toyota yang dikenal luas, kuatnya layanan after sales (suku cadang dan service), produk berkualitas dan berstandar internasional, pelayanan yang baik kepada konsumen dengan skor terbobot yang sama dan paling besar yaitu 0,405. Hasil analisis matriks IFE juga memperlihatkan faktor strategis internal yang menjadi kelemahan utama perusahaan Promosi yang belum efektif untuk mobil truk dengan skor terbobot paling besar yaitu sebesar 0,176. Dari hasil perhitungan matriks IFE secara menyeluruh diperoleh total skor sebesar 3,133 yang menunjukkan bahwa posisi internal perusahaan kuat. Perusahaan telah mampu memanfaatkan kekuatannya dan mengatasi kelemahan yang dimiliki dengan baik. Faktor eksternal dari divisi penjualan truk PT Astra Internasional Auto 2000 Cabang Bogor yaitu berupa peluang dan ancaman. Peluang-peluang yang dimiliki oleh perusahaan yaitu segmen pasar yang besar, peningkatan kebutuhan akan kegunaan mobil truk Dyna, teknologi yang terus berkembang, peningkatan kerjasama dengan lembaga pembiayaan (leasing). Ancaman yang harus diperhatikan oleh perusahaan dalam perkembangan perusahaannya yaitu tingkat persaingan tinggi, brand image dari pesaing yang kuat, kekuatan tawar menawar pembeli yang tinggi, gencarnya promosi dan inovasi pesaing, dan kondisi ekonomi yang tidak stabil. Hasil analisis matriks EFE memperlihatkan bahwa peluang utama yang dihadapi perusahaan adalah Kerjasama dengan lembaga pembiayaan (leasing) dengan skor terbobot sebesar 0,509. Hasil analisis matriks EFE juga memperlihatkan faktor eksternal yang menjadi ancaman utama bagi PT Astra Internasional Auto 2000 Cabang Bogor yaitu kondisi ekonomi yang tidak stabil dengan skor sebesar 0,467. Hasil perhitungan keseluruhan faktor strategis eksternal menghasilkan skor sebesar 3,212. Hal ini menunjukkan bahwa situasi eksternal perusahaan di atas rata-rata yaitu perusahaan mampu merespon faktor eksternal dengan memanfaatkan peluang yang ada untuk mengatasi ancaman. Prioritas strategi yang dapat diterapkan perusahaan berdasarkan perhitungan dengan analisis QSPM adalah market development strategy yaitu meningkatkan pangsa pasar dengan membidik pasar segmen perusahaan-perusahaan melalui optimalisasi hubungan baik dengan calon pelanggan dan membuat kerjasama dengan lembaga pembiayaan lainnya dengan nilai TAS sebesar 6,119. Strategi yang menempati prioritas yang kedua dan ketiga adalah brand image strategy yakni mensponsori lokal event yang berkaitan dengan peningkatan brand awareness serta beriklan dimedia yang tepat dan market penetration strategy yakni meningkatkan pangsa pasar melalui penambahan sales dyna, dan promosi penjualan yang efektif dengan nilai TAS masing-masing 5,620 dan 5,550. Sedangkan prioritas keempat adalah product development strategy adalah menciptakan produk yang berkualitas dan melakukan inovasi yang berkesinambungan melalui penggunaan bahan baku yang baik dan teknologi yang canggih dengan nilai TAS sebesar 5,379.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Strategi Pemasaran Mobil Truk Dyna Pada PT Astra Internasional Auto 2000 Cabang Bogor.en


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record