Show simple item record

dc.contributor.advisorDewi, Farida Ratna
dc.contributor.authorApriliani, Penti
dc.date.accessioned2013-04-23T00:55:16Z
dc.date.available2013-04-23T00:55:16Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62677
dc.description.abstractPerkembangan PT. Asuransi Takaful sebagai asuransi syariah pertama di Indonenesia sangat baik. Hal ini dibuktikan oleh Penghargaan Best Syariah Insurance 2009 yang diberikan oleh majalah investor kepada PT. Asuransi Takaful dan perolehan ISO 9001-2000. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi segmentation, targetting dan positioning Takaful Falah, (2) Mengidentifikasi bauran pemasaran Takaful Falah, (3) Menyusun alternatif strategi pemasaran yang paling tepat bagi Takaful Falah dalam rangka meningkatkan penjualan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dengan pihak asuransi yaitu Marketing Officer Operational Corporate, Takaful Agency Directur, Takaful Agency Manager, Takaful Agency Supervisor dan Takaful Financial Consultant. Data sekunder diperoleh dari literatur terkait. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara langsung dengan pihak asuransi. Metode pengolahan dan analisis data menggunakan alat analisis Proses Hirarki Analitik (PHA). Penelitian dimulai dari pengkajian PHA dengan mengumpulkan data dan informasi yang digunakan untuk menyusun struktur hierarki, lalu membuat pembandingan berpasangan antar elemen dari suatu tingkat sesuai dengan yang diperlukan berdasarkan pada teori literatur dan wawancara dengan pihak perusahaan. Kuesioner diberikan untuk mengetahui pembobotan setiap elemen pada setiap tingkat. Kemudian dilakukan pengolahan data yang diperoleh dari responden dengan menggunakan Expert Choice Version 2000. Hasil pengolahan data tersebut dianalisis dan disajikan dalam bentuk tabel dan uraian. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa segmen pasar dari Takaful Falah adalah masyarakat yang memiliki batas usia 17-60 tahun yang tinggal di daerah Bogor dan sekitarnya, dengan targetting masyarakat yang termasuk golongan ekonomi menengah ke atas. Takaful Falah diposisikan sebagai produk yang dapat memberikan kesejahteraan ummah. Berdasarkan hasil analisis PHA penyusunan strategi pemasaran Takaful Falah mempertimbangkan 3 faktor, 4 aktor dan 4 tujuan. Faktor yang memiliki kepentingan terbesar adalah peluang pasar (0,516), sedangkan aktor yang paling berperan dalam pengambilan keputusan penyusunan strategi pemasaran adalah Takaful Agency Directur (0,652). Tujuan prioritas yang ingin dicapai perusahaan dalam penyusunan strategi adalah meningkatkan pendapatan tenaga pemasaran (0,648). Dari hasil analisis, alternatif strategi yang utama diterapkan oleh perusahaan adalah alternatif strategi S3, strategi SDM (0,595) dengan memberikan pelatihan sesuai kebutuhan tenaga penjual, monitoring direct selling, memotivasi tenaga penjual dengan memberikan bonus terhadap penjualan yang melebihi target. Alternatif strategi SDM seperti memberikan pelatihan terhadap tenaga penjual belum secara optimal dilakukan oleh perusahaan. Sedangkan pemberian bonus terhadap penjualan yang melebihi target belum dilaksanakan perusahaan. Oleh karena itu, pihak perusahaan sebaiknya melaksanakan alternatif strategi S3 atau strategi SDM ini .en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titlePerencanaan Strategi Pemasaran Produk ”Takaful Falah” pada PT. Asuransi Takaful Keluarga Cabang Bogoren


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record