Show simple item record

dc.contributor.advisorSyamsun, Muhammad
dc.contributor.authorRamadhani, Nurul Wahyu
dc.date.accessioned2013-04-23T00:50:12Z
dc.date.available2013-04-23T00:50:12Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62674
dc.description.abstractPerkembangan dunia perbankan di Indonesia telah mengalami pasang surut. Bank yang ada di Indonesia baik itu milik pemerintah maupun swasta, saat ini berlomba-lomba untuk menyerap dana dari masyarakat. Seiring dengan munculnya berbagai fenomena menarik di pentas perbankan nasional, yakni banyaknya pelaku bisnis yang memasuki dan menggeluti bisnis perbankan, kalangan perbankan seperti tidak mau kehilangan momentum untuk ikut berlomba-lomba dalam memperebutkan hati masyarakat agar mempercayakan uangnya untuk disimpan di bank. Bank memanfaatkan perilaku konsumen yang cenderung konsumtif sebagai wujud keikutsertaan dalam persaingan. Tujuan dari penelitian ini antara lain adalah: (1) Mengidentifikasi karakteristik nasabah Britama BRI cabang Selayar, (2) Menganalisis atribut yang diinginkan nasabah terhadap produk tabungan Britama BRI, (3) Menganalisis kinerja atribut Britama BRI cabang Selayar dalam memenuhi kepentingan nasabah, (4) Mengetahui dan menganalisis tingkat kepuasan nasabah Britama terhadap atribut pelayanan BRI Cabang Selayar. Penelitian ini dilaksanakan di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Selayar, jalan Syekh Yusuf No. 1 Kabupaten Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dan pengisian kuesioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari kantor BRI Cabang Selayar, pustaka, dan internet yang relevan dengan topik penelitian. Penarikan contoh dilakukan dengan menggunakan metode non probability sampling dimana setiap anggota populasi tidak mempunyai peluang atau kemungkinan yang sama untuk terpilih menjadi sampel. Jenis non probability sampling yang digunakan adalah Convinience sampling, yaitu berdasarkan kenyamanan dan kemudahan ditemui atau ketersediaan anggota populasi tertentu. Untuk menganalisis atribut yang dianggap penting dan menganalisis kinerja dalam mencapai kepuasan nasabah BRI Cabang Selayar digunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Sedangkan untuk mengukur tingkat kepuasan nasabah BRI Cabang Selayar terhadap seluruh atribut digunakan analisis Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil Important Performance Analysis dengan menggunakan skala ordinal menunjukkan bahwa atribut yang dianggap paling penting dalam memilih produk tabungan Britama adalah lokasi yang strategis, keamanan menabung, keramahan, kesopanan dan kerapihan petugas, kemudahan transaksi, ketelitian administrasi, dan kredibilitas bank. Sedangkan hasil Important Performance Analysis dengan menggunakan skala interval menunjukkan atribut yang dianggap paling penting adalah lokasi strategis, keamanan menabung, cabang yang banyak, daya tarik hadiah, cepat tanggap terhadap keluhan, dan kemudahan transaksi.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Kepuasan Nasabah Terhadap Produk Tabungan Britama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Selayar, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatanen


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record