Show simple item record

dc.contributor.authorJuriawati
dc.date.accessioned2013-04-19T07:51:30Z
dc.date.available2013-04-19T07:51:30Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62611
dc.description.abstractPerkumpulan Telapak merupakan sebuah perkumpulan gerakan dari individu-individu yang mendorong pengelolaan sumber daya alam yang berkeadilan (adil antar generasi dan antar unsur alam) dan melakukan pengelolaan sumberdaya terrestrial berkelanjutan, pengelolaan sumberdaya laut berkelanjutan, dan pengelolaan daerah aliran sungai. Keberhasilan organisasi akan terwujud apabila organisasi mampu menghimpun, mengembangkan dan mempertahankan anggota dan karyawan, sehingga karyawan di tuntut untuk memiliki komitmen yang tinggi terhadap organisasi. Komitmen bersumber dari nilai-nilai yang dikembangkan oleh organisasi. Aspek-aspek strategis merupakan aspek-aspek yang menjadi visi, misi, dan tujuan organisasi sehingga diperoleh kejelasan tentang nilai-nilai dalam organisasi. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi aspek-aspek strategis yang ada di Perkumpulan Telapak dan proses internalisasinya, menganalisis efektivitas proses internalisasi aspekaspek strategis yang dijalankan oleh Perkumpulan Telapak, dan menyusun alternatif dan menetapkan proses internalisasi aspek-aspek strategis yang sesuai di Perkumpulan Telapak. Ruang lingkup dari penilitian ini adalah kajian efektivitas proses internalisasi aspek-aspek strategis pada Perkumpulan Telapak dengan menggunakan metode Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE). MBCfPE adalah penuntun bagi suatu perusahaan untuk mencapai kinerja excellence yang terdiri dari tujuh kriteria yaitu kepemimpinan, perencanaan strategis, fokus pada pelanggan dan pasar, pengukuran, analisis, dan manajemen pengetahuan, fokus pada tenaga kerja, manajemen proses, dan hasil. Penelitian ini menggunakan tiga dari tujuh kriteria yang ada yaitu kriteria kepemimpinan, kriteria perencanaan strategis, dan kriteria hasil kepemimpinan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Aspek-aspek strategis yang ada pada Perkumpulan Telapak sesuai dengan kriteria MBCfPE adalah aspek kepemimpinan dan aspek perencanaan strategis. Internalisasi yang dilakukan Perkumpulan Telapak dalam penyebarluasan visi, misi, tujuan, dan perencana strategis adalah melalui sosialisasi kepada anggota baru, melakukan kunjungan, diskusi-diskusi, mailing list, dan konsolidasi badan pengurus. Ketiga kriteria yang telah dilakukan evaluasi, menunjukkan bahwa masih belum efektifnya Perkumpulan Telapak dalam menginternalisasikan aspekaspek strategis yang ada. Ini terlihat dari masih relatif rendahnya nilai pada masing-masing kriteria strategis, yaitu kriteria kepemimpinan memiliki nilai 48 dari nilai excellence sebesar 120, kriteria perencanaan strategis memperoleh nilai sebesar 36 dari nilai excellence sebesar 85, dan kriteria hasil kepemimpinan memperoleh nilai sebesar 21 dari nilai excellence sebesar 70. Hasil pengukuran dengan MBCfPE mengisyaratkan bahwa untuk meningkatan komitmen anggota dan karyawan, diperlukan suatu bentuk pengakuan organisasi bahwa anggota dan karyawan itu ada, sehingga anggota dan karyawan tersebut menjadi lebih bertanggungjawab dan tumbuh rasa memiliki terhadap Perkumpulan Telapak. Bentuk pengakuan tersebut dapat dilakukan dengan melibatkan anggota dan karyawan dalam penyusunan, pengambilan keputusan, dan pelaksanaan rencana kegiatan Perkumpulan Telapak.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Proses Internalisasi Aspek-Aspek Strategis Organisasi pada Perkumpulan Telapak Bogoren


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record