View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Management
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Efektivitas Iklan Sabun Mandi “Lifebuoy Berbagi Sehat” Melalui Media Televisi Menggunakan Metode EPIC dan DRM (Studi kasus di Kota Sukabumi)

      Thumbnail
      View/Open
      full text (1.139Mb)
      Date
      2010
      Author
      Surachman, Isma Yanti
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Dalam era globalisasi dan informasi dewasa ini, banyak persaingan untuk merebut pasar dan terbukanya peluang untuk mengakses informasi membuat konsumen makin memilih produk. Agar dapat merebut pasar, diperlukan adanya kemampuan untuk mengelola dan menyampaikan informasi kepada konsumennya melalui media elektronik dimana salah satu wujudnya adalah melalui kegiatan periklanan. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui tingkat kesadaran merek (brand awareness) sabun mandi Lifebuoy Berbagi Sehat (2) menganalisis efektifitas dampak komunikasi iklan sabun mandi Lifebuoy Berbagi Sehat yang ditayangkan melalui media televisi di Kota Sukabumi yang diukur berdasarkan dimensi EPIC (Empathy, Persuasion, Impact, Communication) (3) menganalisis efektifitas dampak pemakaian sabun mandi Lifebuoy Berbagi Sehat yang ditayangkan melalui media televisi diukur dengan Direct Rating Method (DRM) berdasarkan tingkat kekuatan iklan dalam mendapatkan perhatian, pemahaman, menggugah perasaan, dan kemampuan iklan tersebut untuk mempengaruhi perilaku. Pengukuran tingkat kesadaran merek (brand awareness) menunjukkan bahwa sabun mandi Lifebuoy belum berada pada puncak pikiran (top of mind). Untuk posisi puncak top of mind diduduki oleh pesaingnya, yaitu Lux. Kemudian, untuk tingkatan pengingatan kembali terhadap merek (brand recall) merek sabun mandi Lifebuoy berada pada urutan pertama. Dengan demikian secara keseluruhan sabun mandi Lifebuoy Berbagi Sehat telah meraih pangsa pikiran (mind share) yang cukup potensial untuk bersaing dengan kompetitor. Hasil pengukuran efektifitas iklan dengan EPIC Model menunjukkan bahwa iklan televisi sabun mandi “Lifebuoy Berbagi Sehat” masuk ke dalam kategori iklan efektif (EPIC Rate sebesar 3,84). Hasil pengukuran efektifitas iklan dengan Direct Rating Method (DRM) yang diukur berdasarkan lima faktor (perhatian, pemahaman, respon kognitif, respon afektif, dan sikap terhadap iklan) menunjukkan bahwa iklan televisi sabun mandi “Lifebuoy Berbagi Sehat” masuk ke dalam kategori iklan yang baik (total skor direct rating sebesar 74,8). Hal ini menunjukkan bahwa iklan televisi sabun mandi “ Lifebuoy Berbagi Sehat” masuk ke dalam kategori iklan yang baik.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62605
      Collections
      • UT - Management [3624]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository