View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Management
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Alternatif Strategi Peningkatan Pelayanan Pelanggan Pada Divisi Winteq PT Astra Otopart Tbk.

      Thumbnail
      View/Open
      full text (838.4Kb)
      BAB I (292.8Kb)
      BAB II (335.6Kb)
      BAB III (324.9Kb)
      BAB IV (440.4Kb)
      BAB V (281.8Kb)
      Cover (301.0Kb)
      Daftar Pustaka (279.1Kb)
      Lampiran (535.4Kb)
      Ringkasan (297.8Kb)
      Date
      2010
      Author
      Putra, Hijrah Primaesa
      Sarma, Ma’mun
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      PT Astra Otopart Tbk merupakan salah satu anak perusahaan dari PT Astra Internasional Tbk yang didirikan untuk memenuhi semua kebutuhan komponen-komponen dari produk Astra. PT Astra Otopart Tbk memiliki enam Divisi, salah satunya Divisi Winteq yang tujuan didirikannya juga sebagai pendukung produksi di grup Astra Otopart Tbk. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk (1) Menganalisa faktor-faktor lingkungan internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan strategi peningkatan pelayanan pelanggan (2) Menganalisa faktor-faktor lingkungan eksternal yang menjadi peluang dan ancaman strategi peningkatan pelayanan pelanggan dan (3) Menyusun alternatif strategi peningkatan pelayanan pelanggan pada Divisi Winteq Astra Otopart Tbk. Hasil analisis matriks Internal Factor Evaluation (IFE) menunjukan bahwa faktor strategis yang menjadi kekuatan utama perusahaan adalah produk yang dihasilkan sesuai pesanan (keinginan pelanggan), yang memiliki skor sebesar 0,641. Analisis dengan menggunakan matriks IFE juga dapat diketahui faktor strategis internal yang menjadi kelemahan utama perusahaan yaitu pengiriman hasil produksi kepada pelanggan terkadang tidak tepat waktu, yang memiliki skor sebesar 0,345. Dari hasil perhitungan matriks IFE secara menyeluruh diperoleh total skor sebesar 3,016 yang menunjukan bahwa posisi internal perusahaan kuat. Atau perusahaan telah mampu memanfaatkan kekuatannya dan mengatasi kelemahan yang dimilikinya dengan baik. Hasil analisis matriks External Factor Evaluation (EFE) memperlihatkan bahwa peluang utama yang dihadapi perusahaan adalah membangun kemitraan dengan para pelanggan, yang memiliki skor sebesar 0,418. Analisis dengan menggunakan matriks EFE juga dapat diketahui faktor strategis eksternal yang menjadi ancaman utama perusahaan yaitu pesaing dari luar Indonesia sangat kuat (brand image) melekat pada pelanggan, yang memiliki skor besar 0,461. Dari hasil perhitungan matriks EFE secara menyeluruh diperoleh total skor sebesar 2,358 yang menunjukan bahwa perusahaan belum mempunyai strategi yang baik dalam mengantisipasi ancaman eksternal yang ada. Alternatif prioritas strategi yang dapat diterapkan perusahaan berdasarkan perhitungan dengan analisis QSPM adalah memperkuat struktur organisasi perusahaan dengan membentuk satu departemen baru yang khusus mengelola dan membina hubungan pelanggan dengan nilai TAS 6,175.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62579
      Collections
      • UT - Management [2707]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository