Show simple item record

dc.contributor.advisorHubeis, Musa
dc.contributor.authorVirgina, Dinna
dc.date.accessioned2013-04-19T02:18:04Z
dc.date.available2013-04-19T02:18:04Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62543
dc.description.abstractDalam era globalisasi saat ini, persaingan bisnis di bidang perbukuan, khususnya buku pelajaran sekolah sudah semakin ketat, maka suatu perusahaan penerbitan buku harus memiliki misi yang jelas untuk membawa usahanya ke arah lebih baik. Untuk itu diperlukan penelitian analisis strategi pemasaran buku pelajaran bidang pendidikan dasar. Tujuan penelitian ini untuk (1) Mengetahui strategi pemasaran yang telah dilakukan oleh penerbit Yudhistira Cabang Bogor; (2) Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari faktor internal, peluang serta ancaman dari faktor eksternal penerbit Yudhistira cabang Bogor; (3) Menyusun strategi pemasaran ke depan penerbit Yudhistira cabang Bogor. Penelitian dilaksanakan di Penerbitan Yudhistira cabang Bogor. Sumber data yang diambil adalah data primer dan sekunder. Data primer dikum pulkan melalui observasi langsung ke perusahaan, wawancara dan pengisian kuesioner oleh pihak perusahaan. Sedangkan data sekunder dikumpulkan melalui studi literatur, kebijakan dan peraturan perusahaan, serta sumber data/informasi lain yang relevan dengan tujuan penelitian. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Matriks Internal Factor Evaluation (IFE), Matriks External Factor Evaluation (EFE), Analisis Strengths, Weaknesseses, Opportunities and Threats (SWOT), serta Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Dari perhitungan didapatkan total skor terbobot 3,144 untuk IFE dan total skor terbobot 3,064 untuk EFE. Dari kedua nilai tersebut, maka diketahui bahwa penerbit Yudhistira cabang Bogor dalam memasarkan buku pendidikan dasar menempati posisi s el I, kondisi Grow and Build dengan strategi intensif (Market Penetration, Market Development dan Product Development). Penerbit Yudhistira cabang Bogor harus melakukan Market Penetration Strategy, yakni melakukan kegiatan promosi intensif dan efektif untuk mengatasi persaingan tinggi dan merupakan kebijakan buku gratis dari pemerintah.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Strategi Pemasaran Buku Pelajaran Bidang Pendidikan Dasar di Penerbit Yudhistira Cabang Bogor.en


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record