Show simple item record

dc.contributor.advisorHubeis, Musa
dc.contributor.authorYulianti., Anita
dc.date.accessioned2013-04-19T01:50:27Z
dc.date.available2013-04-19T01:50:27Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62527
dc.description.abstractProgram Sarjana Manajemen Penyelenggaraan Khusus (PSMPK) memiliki visi menjadi wahana pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) unggulan dan berdaya saing tinggi melalui pendidikan berkelanjutan (long life education) dalam bidang manajemen. Mahasiswa PSMPK diharapkan memiliki prestasi akademik yang baik dan menjadi bagian dari lulusan Departemen Manajemen yang bermutu. Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Faktor-faktor tersebut berasal dari internal maupun eksternal mahasiswa dan keberagaman latar belakang mahasiswa. Hal tersebut memperlihatkan adanya karakter yang berbedabeda, sehingga menimbulkan situasi yang sangat kompleks dalam pencapaian prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis pengaruh karakteristik mahasiswa terhadap prestasi akademik mahasiswa PSMPK, (2) Menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa PSMPK, (3) Menyusun implikasi manajerial yang dapat dilakukan oleh pihak manajemen PSMPK agar dapat mengoptimalkan prestasi akademik mahasiswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari data primer dan sekunder. Pemilihan contoh dilakukan dengan metode non-probability sampling dengan menggunakan teknik purposive dan Quota Sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif (Cross Tabulation) dan Analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan software pengolah data Microsoft Excel 2007, SPSS 17 dan Linear Structural Relationship (LISREL) 8.72. Hasil yang diperoleh adalah karakteristik mahasiswa yang terdiri dari usia, jenis kelamin, status bekerja dan asal perguruan tinggi, tidak berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa PSMPK, FEM IPB. Hal ini dapat dilihat dari uji deskriptif yang menunjukan bahwa nilai peluang yang dihasilkan > 0,05 dan nilai khi kuadrat hitung < nilai khi kuadrat tabel (9,4877). Motivasi belajar dapat meningkatkan prestasi akademik 0,47 (47%). Urutan motivasi belajar yang mempunyai pengaruh paling besar ke yang paling kecil adalah banyak sks yang diambil, waktu perkuliahan pada malam hari, minat terhadap ilmu yang dipelajari, metode kuliah yang digunakan, fasilitas perpustakaan, lingkungan sosial kampus, kesadaran dalam menempuh pendidikan, mutu dosen, inisiatif dalam kegiatan perkuliahan, lingkungan sosial keluarga, tanggungjawab, orientasi dalam menempuh pendidikan dan lingkungan sosial komunitas. Implikasi manajerial yang dapat dilakukan adalah berkaitan dengan besarnya pengaruh yang diberikan oleh motivasi, maka mahasiswa maupun pihak PSMPK terus meningkatkan motivasi belajar, baik faktor internal maupun eksternal.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Pengaruh Karakteristik Mahasiswa dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik (Studi Mahasiswa Program Sarjana Manajemen Penyelenggaraan Khusus, Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor).en


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record