Show simple item record

dc.contributor.advisorSarma, Ma’mun
dc.contributor.authorBudiman, Agus Satria
dc.date.accessioned2013-04-19T01:44:39Z
dc.date.available2013-04-19T01:44:39Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62523
dc.description.abstractBank syariah atau Bank Islam, merupakan salah satu bentuk dari perbankan nasional yang mendasarkan operasionalnya pada syariat (hukum) Islam. Bank Islam adalah sebuah bentuk dari bank modern yang didasarkan pada hukum Islam yang sah, dikembangkan pada abad pertama Islam, menggunakan konsep berbagi resiko sebagai metode utama dan meniadakan keuangan berdasarkan kepastian serta keuntungan yang ditentukan sebelumnya. Prospek perbankan syariah kedepannya sangat cerah, apalagi mengingat pangsa pasarnya yang sangat besar. Dalam penelitian ini akan membahas mengenai PT. BPRS Al Salaam Amal Salman cabang Warung Jambu Bogor. Pendirian PT. BPRS Al Salaam Amal Salman cabang Warung Jambu Bogor ditujukan untuk turut serta dalam pelayanan lembaga keuangan bagi masyarakat ekonomi menengah ke bawah, dengan corak khusus yaitu pelayanan perbankan dengan nafas keislaman. Berbagai kegiatan promosi telah dilakukan oleh PT. BPRS Al Salaam Amal Salman cabang Warung Jambu Bogor dalam memasarkan produk. Untuk itu perusahaan perlu mengetahui apakah promosi tersebut telah efektif atau tidak. Tujuan dari penelitian adalah untuk (1) Mengidentifikasi jenis kegiatan promosi yang dilakukan PT. BPRS Al Salaam Amal Salman cabang Warung Jambu Bogor; (2) Menganalisis efektifitas promosi dan respon nasabah terhadap promosi yang dilakukan oleh PT. BPRS Al Salaam Amal Salman cabang Warung Jambu Bogor dan (3) Menganalisis hubungan antara jumlah biaya yang dikeluarkan dengan jumlah nasabah PT. BPRS Al Salaam cabang Warung Jambu Bogor. Penelitian ini dilaksanakan di PT. BPRS Al Salaam cabang Warung Jambu Bogor. Waktu pelaksanaan penelitian selama ± 3 bulan (Agustus - Oktober 2010). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh berdasarkan hasil wawancara dengan nasabah dan kepala cabang PT. BPRS Al Salaam Amal Salman cabang Warung Jambu Bogor. Sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai sumber terkait dengan topik penelitian ini seperti perpustakaan dan internet. Metode analisis yang digunakan dalam pengolahan data adalah EPIC Model, Direct Rating Method dan Analisis Korelasi Pearson. Promosi yang dilakukan oleh PT. BPRS Al Salaam Amal Salman cabang Warung Jambu Bogor efektif dilihat dari nilai EPIC rate yang dihasilkan menunjukan bahwa promosi yang dilakukan efektif yaitu 2,534 nilai ini berada dalam rentang 2,4 – 3,2 yang berarti efektif. Respon nasabah terhadap promosi yang dilakukan PT. BPRS Al Salaam Amal Salman cabang Warung Jambu Bogor adalah baik. Hal ini di tunjukan oleh nilai total direct rating yang berada dalam skala baik yaitu 68,92 nilai ini berada dalam rentang nilai 60 – 80 maka promosi dapat dikatakan baik. Berdasarkan analisis Korelasi Pearson yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa koefisien korelasi antara biaya promosi dengan jumlah nasabah adalah 0,603 yang berada pada rentang nilai 0,41 – 0,70. artinya korelasi antara jumlah kegiatan promosi dengan jumlah nasabah memiliki hubungan yang positif dengan tingkat keeratan kuat.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Efektivitas Promosi PT. BPRS Al Salaam Amal Salman cabang Warung Jambu Bogoren


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record