Show simple item record

dc.contributor.advisorAminah, Mimin
dc.contributor.authorNazar, Arizal
dc.date.accessioned2013-02-01T02:15:25Z
dc.date.available2013-02-01T02:15:25Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60205
dc.description.abstractUsaha katering di wilayah Jabotabek dari tahun ke tahun mengalami pertumbuhan. Dengan berkembangnya jumlah usaha katering di wilayah Jabotabek, maka akan menimbulkan persaingan yang semakin ketat dalam industri katering. Perusahaan katering besar yang sudah cukup ternama di Bogor adalah PT. Rolika Caterindo Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengidentifikasi bauran promosi yang dilakukan PT Rolika Caterindo Bogor, (2) Mengidentifikasi karakteristik konsumen yang ada pada PT Rolika Caterindo Bogor dan (3) Menganalisa efektivitas bauran promosi yang dilakukan PT Rolika Caterindo Bogor. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari data primer dan sekunder. Pengambilan data primer yang dilakukan dalam penelitian ini melalui wawancara langsung dengan manajer pemasaran dan staf pemasaran perusahaan. Data sekunder diperoleh dari studi pustaka, internet, literatur-literatur atau datadata yang dimiliki perusahaan. Metode pengolahan dan analisis dengan bantuan software SPSS 15 dan Microscoft Exel, dan untuk mengukur keefektivan promosi yang dilakukan dengan menggunakan EPIC Model dan Direct Rating Method. Bauran promosi yang dilakukan oleh PT Rolika Caterindo Bogor, yaitu : Periklanan melalui media cetak, media elektronik dan media luar ruangan. Promosi penjualan yang dilakukan adalah dengan mengadakan acara test food dan mengikuti pameran jasa boga. Hubungan masyarakat, dengan mengizinkan mahasiswa melakukan penelitian, melakukan kegiatan sosial dan menjaga hubungan baik dengan pengelola gedung-gedung resepsi. Penjualan perorangan yang dilakukan adalah dengan cara worth of mouth, yaitu memberikan penjelasan mengenai produk secara langsung kepada konsumen. Karakteristik konsumen PT Rolika Caterindo Bogor, yaitu : konsumen terbanyak adalah berjenis kelamin perempuan. Usia rata-rata konsumen yaitu berada pada rentang skala 20 – 37 tahun dan kebanyakan berstatus sudah menikah. Konsumen PT Rolika Caterindo Bogor paling banyak berdomisili di kota Bogor dan kebanyakan sudah bekerja dengan rata-rata penghasilan per bulan sebesar Rp. 3.000.000 – > Rp. 5.000.000. Hasil dari EPIC Model menunjukan bahwa empathy bernilai cukup efektif (3,33), persuation bernilai efektif (3,63), impact bernilai efektif (3,54) dan communication bernilai efektif (3,68). Menurut hasil penelitian, secara keseluruhan nilai EPIC Rate adalah sebesar 3,54. Nilai ini berada dalam rentang skala efektif. Hal ini menunjukan bahwa promosi yang dilakukan oleh PT Rolika Caterindo Bogor efektif. Hasil pengukuran efektivitas promosi dengan Direct Rating Method (DRM), menunjukan bahwa promosi PT Rolika Caterindo Bogor masuk dalam kategori promosi yang baik dengan total skor direct rating sebesar 70,76. Artinya promosi yang dilakukan tersebut cukup berhasil dalam menarik perhatian (attention), pemahaman (readthrougness), kognitif (cognitive), afektif (affection) dan perilaku (behavior) konsumen untuk membeli atau memesan produk PT Rolika Caterindo Bogor.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Efektivitas Bauran Promosi PT Rolika Caterindo Bogoren


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record