Penerapan Organisasi Pembelajar Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Bogor
Abstract
Lembaga Penyiaran publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) merupakan suatu organisasi yang bergerak dalam bidang jasa yaitu industri penyiaran. LPP RRI dalam mewujudkan organisasi yang mampu menghadapi perkembangan dalam dunia penyiaran harus melakukan proses pembelajaran secara terus-menerus, sehingga membentuk organisasi pembelajar. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan seluruh dimensi organisasi pembelajar pada level individu, kelompok dan organisasi pada LPP RRI Bogor dan (2) Untuk menganalisis persepsi antara pimpinan dan karyawan terhadap penerapan dimensi organisasi pembelajar pada LPP RRI Bogor. Penelitian dilaksanakan di LPP RRI Bogor. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui kuesioner dan wawancara dengan karyawan serta pimpinan pada LPP RRI Bogor. Data sekunder diperoleh dari studi pustaka, internet, dan arsip-arsip LPP RRI Bogor. Penarikan sampel dilakukan dengan metode purposive. Metode analisis yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan Uji Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan tingkat penerapan dimensi organisasi pembelajar pada LPP RRI menuju kearah yang lebih baik, hal tersebut dapat terlihat bahwa karyawan LPP RRI Bogor menyatakan sebagian besar telah diterapkan dengan nilai 42,18%. Penelitian ini juga melakukan perbandingan antara nilai rata-rata penerapan organisasi pembelajar pada LPP RRI Bogor dengan hasil penelitian Marqurdt (1996), dari hasil analisis didapatkan rata-rata penerapan dimensi organisasi pembelajar pada LPP RRI Bogor memiliki nilai 25,92, nilai tersebut dikatakan memiliki nilai yang baik menurut range result pada Learning Organization Profile Marquardt (1996) dan berada diatas rata-rata 500 organisasi berdasarkan penelitian Marquardt (1996). Pada Uji Kruskal Wallis menunjukan bahwa nilai P-value = 0,331 lebih besar dari = 0,05 maka Ho: 1 = 2= 3 tidak dapat ditolak. Maka didapatkan hasil yaitu tidak adanya perbedaan persepsi antara karyawan dengan pimpinan dalam penerapan organisasi pembelajar yang diterapkan di LPP RRI Bogor.
Collections
- UT - Management [3459]