Show simple item record

dc.contributor.advisorMunandar, Jono M.
dc.contributor.authorHidayat, Alvi
dc.date.accessioned2013-02-01T01:48:52Z
dc.date.available2013-02-01T01:48:52Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60188
dc.description.abstractSeiring dengan perkembangan jaman dan semakin meningkatnya kebutuhan alat transportasi membawa angin segar bagi perusahaan otomotif terutama sepeda motor. Daya serap pasar di Indonesia dengan jumlah penduduk kira-kira sebesar 231 juta jiwa untuk produk otomotif khususnya sepeda motor memang sangat potensial. Saat ini banyak bermunculan merek sepeda motor dengan berbagai model, desain, dan kualitas yang bagus dengan harga yang cukup bersaing. Salah satu perusahaan otomotif di Indonesia adalah PT Astra Honda Motor (AHM) yang memproduksi sepeda motor Honda. Persaingan yang semakin ketat di dunia usaha membuat para produsen otomotif harus mampu berinovasi dalam penguasaan pangsa pasar. Persaingan mengharuskan produsen berorientasi pada kepentingan konsumen. Pengetahuan bagaimana konsumen mengambil keputusan dalam memilih motor yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya sangat penting diketahui oleh produsen dalam menghadapi persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi proses keputusan pembelian sepeda motor Honda, (2) mengetahui faktor-faktoryang mempengaruhi keputusan pembelian sepeda motor Honda, (3) mengidentifikasi sikap konsumen terhadap atribut-atribut sepeda motor Honda. Pengumpulan data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari kuesioner sedangkan data sekunder didapat dari buku, internet, dan dari studi literatur. Alat analisis yang digunakan analisis deskriptif, analisis faktor, analisis multiatribut Fishbein dan semantic differential. Dari hasil penelitian diketahui alasan konsumen membeli sepeda motor Honda adalah mutu yang sesuai dengan harapan, manfaat utama yang dipertimbangkan adalah irit bahan bakar. Sumber informasi dari iklan televisi dan sudah mengenal sepeda motor Honda lebih dari 5 tahun yang lalu. Mempertimbangkan irit bahan bakar dalam memilih sepeda motor. Konsumen melakukan pembelian di dealer-dealer resmi, keluarga merupakan pihak yang paling berpengaruh dalam pengambilan keputusan, dan menyatakan puas dengan sepeda motor Honda. Berdasarkan hasil analisis faktor yang mempengaruhi dalam keputusan pembelian terbentuk empat faktor. Faktor psikografis yang terdiri dari budaya, kelas sosial, situasi, motivasi, dan gaya hidup. Faktor demografi dan sikap yang terdiri dari usia, jenis kelamin, dan sikap. Faktor ilmu pengetahuan yang terdiri dari pengetahuan dan pengalaman. Faktor sumber informasi yang terdiri dari keluarga, iklan dan promosi. Berdasarkan model sikap fishbein, atribut yang dianggap paling penting adalah irit bahan bakar dan atribut yang memperoleh skor kepercayaan tertinggi juga atribut irit bahan bakar. Sikap konsumen terhadap sepeda motor Honda berada pada kategori baik.en
dc.subjectperilaku konsumenen
dc.subjectkeputusan pembelianen
dc.subjectanalisis faktoren
dc.subjectanalisis multiatribut fishbeinen
dc.subjectsepeda motor Hondaen
dc.titleAnalisis Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi Kasus Mahasiswa Strata-1 Institut Pertanian Bogor)en


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record