Show simple item record

dc.contributor.advisorAminah, Mimin
dc.contributor.authorSujendi, Sindi K
dc.date.accessioned2012-10-30T07:43:20Z
dc.date.available2012-10-30T07:43:20Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/58200
dc.description.abstractPersaingan usaha yang terjadi saat ini serta adanya kesadaran masyarakat yang semakin meningkat, mendorong perusahaan untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Tingginya tingkat persaingan usaha ini menimbulkan sebagian perusahaan yang tidak bertanggung jawab memproduksi produk yang terlihat baik pada tampilan yang dihasilkan dengan harga murah dengan menggunakan zat-zat kimia berbahaya tanpa memikirkan dampak yang ditimbulkan dimana hal ini menimbulkan kekhawatiran dikalangan masyarakat. Namun demikian tidak seluruh perusahaan melakukan hal tersebut dalam mengolah setiap produknya, terdapat beberapa perusahaan yang melihat hal tersebut sebagai suatu peluang untuk memulai usaha. Serambi Botani sebagai salah satu perusahaan yang belum lama berdiri dan sedang mengembangkankan usahanya dengan melihat peluang ini, menghadirkan produkproduk natural untuk dipasarkan, dan diterima oleh masyarakat. Oleh karena itu, Serambi Botani memerlukan suatu strategi promosi yang tepat untuk menyampaikan informasi mengenai produk-produk tersebut agar maksud dan tujuan perusahaan tercapai sesuai dengan yang ditargetkan. Tujuan dilakukannya penelitian ini, adalah (1) Mengetahui bentuk program promosi yang dijalankan oleh Serambi Botani dalam mempromosikan produknya. (2) Mengindentifikasi faktor-faktor apa saja yang berpengaruh dan menjadi unsur penyusun strategi promosi pada Serambi Botani. (3) Menyusun alternatif strategi promosi yang sesuai bagi Serambi Botani. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan pihak Serambi Botani dengan bantuan kuesioner kepada lima orang responden yaitu general manager, manager produk dan promosi, 2 orang store leader, dan ahli pemasaran. Sedangkan data sekunder diperoleh dari data internal perusahaan, skripsi, informasi internet, dan buku terkait dengan penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan bantuan Microsoft Excel 2007 dan Expert Choise 2000. Berdasarkan dari hasil pengolahan AHP, terdapat enam alternatif strategi promosi yang dapat direkomendasikan kepada Serambi Botani yaitu Melakukan promosi melalui pemasaran langsung seperti belanja elektronik, situs jejaring sosial seperti facebook, multiply, linkedink, ataupun situs jual beli seperti kaskus dan toko bagus (0.2508), Meningkatkan kegiatan pada promosi penjualan seperti cendera mata dan hadiah, contoh produk, pameran dagang, dan potongan harga (0.2198), Melakukan kegiatan promosi pada program periklanan seperti iklan cetak dan siaran, brosur dan buklet, poster, spanduk, dan billboard (0.2036), Melakukan kegiatan promosi yang telah dilakukan perusahaan pada sebelumnya (0.1440), Melakukan promosi melalui kegiatan humas seperti majalah perusahaan, seminar mengenai herbal dan lifestyle ‘back to nature’ (0.1118), serta Melakukan kegiatan acara khusus atau pengalaman seperti mensponsori festival herbal, dan wisata perusahaan (0.0700).en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Strategi Promosi Pada Serambi Botani Bogoren


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record