Analisis Strategi Bauran Promosi Produk Kredit Mikro Pada Unit Perbankan Mikro Bank XZ Cabang Tajur, Bogor
Abstract
Di tengah persaingan perbankan yang begitu ketat khususnya di segmen komersial serta pemenuhan target dari manajemen, Unit Perbankan Mikro Bank XZ terus melakukan upaya-upaya untuk memperkokoh usaha perbankan mikronya dengan melakukan terobosan-terobosan yang lebih dinamis, baik dalam segmen pemasarannya, teknologi pendukung, serta tenaga pemasarannya. Upayaupaya tersebut akan meningkatkan pertumbuhan kredit mikro sehingga diharapkan segmen kredit mikro akan berperan lebih besar dalam pertumbuhan dan profitabilitas Bank XZ secara keseluruhan. Bauran promosi terbentuk berdasarkan komunikasi pemasaran yang terdiri dari periklanan; penjualan personal; pemasaran langsung; promosi penjualan; publisitas; dan interaktif media. Penelitian ini bertujuan (1) mengidentifikasi bentuk bauran promosi Unit Perbankan Mikro Bank XZ cabang Tajur, Bogor (2) menyusun struktur hirarki bauran promosi Unit Perbankan Mikro Bank XZ cabang Tajur, Bogor (3) merumuskan prioritas strategi bauran promosi dengan Proses Hirarki Analitik (PHA). Metode pengumpulan data diperoleh dari pengisian kuesioner, wawancara pihak manajemen, observasi dan studi literatur. Pemberian kuesioner dipilih secara sengaja dengan pertimbangan responden mengetahui pelaksanaan bauran promosi Unit Perbankan Mikro di wilayah Bogor. Responden yang dipilih antara lain Kepala Cabang, Kepala Unit dan Sales Officer. Data yang diperoleh melalui kuesioner responden diproses dengan menggunakan program komputer Expert Choice, 2000 dan Microsoft Excel 2007. Struktur Hirarki terdiri dari lima tingkat yaitu (1) Fokus : strategi bauran promosi; (2) Faktor : anggaran promosi; sumber daya manusia, komunikasi, persaingan pasar, etika bisnis, produk dan harga, segmentation, targetting dan positioning; (3) Aktor : Kepala Cabang, Kepala Unit, Sales Officer; (4) Tujuan : a) menginformasikan kehadiran produk kredit mikro pada Unit Perbankan Mikro Bank XZ beserta keunggulan produknya; b) mempertahankan dan memperkuat citra merek Unit Perbankan Mikro Bank XZ; c) mendorong masuknya calon debitur dan mempertahankan debitur Unit Perbankan Mikro Bank XZ cabang Tajur, Bogor. (5) Alternatif : a) melaksanakan kegiatan promosi yang telah dilaksanakan oleh perusahaan; b) meningkatkan kegiatan sponsorship dengan menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga atau komunitas lainnya untuk melakukan kegiatan promosi kredit mikro Unit Perbankan Mikro Bank XZ cabang Tajur, Bogor; c) mengembangkan kegiatan promosi yang lebih menarik dari program sebelumnya; d) Unit Perbankan Mikro Bank XZ cabang Tajur, Bogor membuat website sehingga debitur mengetahui kinerja perusahaan; e) ikut serta untuk mendukung kegiatan masyarakat sekitar perusahaan atau mengadakan event yang bertemakan “Dukung Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia” sebagai bentuk dari kegiatan publisitas dan humas. Hasil analisis data AHP menunjukkan bahwa faktor prioritas tertinggi adalah faktor sumber daya manusia 0,272. Pada tingkat aktor, prioritas utama adalah Kepala Unit dengan bobot 0,398. Tujuan yang menjadi prioritas utama adalah mempertahankan dan memperkuat citra merek Unit Perbankan Mikro Bank XZ dengan bobot (0,283). Pemilihan alternatif strategi bauran promosi dengan bobot terbesar (0,277) adalah ikut serta untuk mendukung kegiatan masyarakat sekitar perusahaan atau mengadakan event yang bertemakan “Dukung Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia” sebagai bentuk dari kegiatan publisitas dan humas.
Collections
- UT - Management [3458]