Pengaruh Interaksi Anak dalam Keluarga dan Lingkugan Sekolah terhadap Karakter serta Perilaku Sosial pada Siswa Kelas Bertaraf Internasional dan Regular (Studi Kasus di SMPN 4 Bogor).
Date
2007Author
Agustriyani, Ita
Puspitawati, Herien
Megawangi, Ratna
Metadata
Show full item recordAbstract
Era globalisasi menimbulkan persaingan yang ketat antar bangsa-bangsa di dunia, baik dari sektor sosial, ekonomi maupun politik. Salah satu upaya untuk menjawab tantangan tersebut adalah dengan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, terutama remaja yang merupakan generasi yang akan mengisi era globalisasi dengan pembangunan di segala bidang. Secara garis besar indikator keberhasilan pembangunan suatu bangsa dicerminkan dari Indeks Pembangunan Manusia Human Development Index (HOI) yang terdiri dari tiga paramater yaitu kesehatan, ekonomi, dan pendidikan. Sistem pendidikan di Indonesia mulai berkembang pesat, salah satu contohnya adalah dengan diadakannya kelas bertaraf internasional yang menggunakan dua bahasa dalam kegiatan belajar mengajar. Pendidikan dapat diberikan di lingkungan keluarga melalui pola pengasuhan orangtua terhadap anaknya maupun di masyarakat. Peranan orangtua dan para pendidik di sekolah sangat penting dalam pembentukan karakter anak. Pendidikan yang baik adalah selain menciptakan generasi yang berprestasi juga generasi yang berkarakter. Outcome anak yang baik dapat dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat (Bronfenbrenner, 1981). Oleh karena itu, peran orangtua dan lingkungan sekolah sangat penting dalam mewujudkan perkembangan anak baik fisik, kognitif, sosial, mental serta pembentukan karakter individu yang baik.