Show simple item record

dc.contributor.advisorAminah,Mimin
dc.contributor.authorMuliawaty, Inne
dc.date.accessioned2012-09-20T06:35:21Z
dc.date.available2012-09-20T06:35:21Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/57444
dc.description.abstractPerkembangan perekonomian dan dunia bisnis akan selalu diikuti oleh perkembangan kebutuhan akan kredit. Pegadaian adalah suatu lembaga keuangan yang memberikan jasa kredit kepada masyarakat yang berorientasi pada barang jaminan atas dasar hukum gadai dan fiducia. Jasa gadai dijadikan solusi yang cepat dan tepat dalam mengatasi masalah keuangan. Adanya Rancangan Undang-Undang Jasa gadai yang di buat oleh pemerintah secara langsung merupakan ancaman bagi Pegadaian, berlakunya RUU tersebut menyebabkan berkembangan usaha gadai yang dilakukan oleh bank syariah. Oleh karena itu, untuk mengatasi ancaman tersebut diperlukan sebuah strategi pemasaran yang tepat untuk memperkuat posisi perusahaan dalam menghadapi persaingan yang semakin banyak pada bisnis gadai dengan menentukan strategi-strategi yang tepat untuk mencapai tujuan perusahaan, mengimplementasikan visi dan misi perusahaan, serta siap menghadapi persaingan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis faktor internal dan eksternal yang berpengaruh pada penetapan strategi Perum Pegadaian Cabang Kemayoran, merumuskan alternatif strategi pemasaran yang tepat untuk Perum Pegadaian Cabang Kemayoran. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data ini didapat melalui, hasil wawancara langsung dengan pihak perusahaan, laporan, data-data penunjang perusahaan dan studi literatur. Metode analisis yang digunakan adalah Internal Factor Evaluation (IFE), Eksternal Factor Evaluation (EFE), IE matriks, SWOT matriks dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil perhitungan matriks IFE dan EFE masing-masing diperoleh total skor sebesar 2,331 dan 2,547 yang memposisikan Perum Pegadaian Cabang Kemayoran pada sel V dalam matriks IE. Strategi yang paling baik dikelola pada sel ini adalah strategi pertahankan dan pelihara, yaitu strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Matriks IE ini disesuaikan pada Matriks SWOT ke dalam 4 kemungkinan alternatif strategi, yaitu strategi S-O, S-T, W-O dan W-T. Berdasarkan hasil perhitungan melalui QSPM, strategi penetrasi pasar memiliki TAS tertinggi sebesar 5,844, strategi penetrasi pasar merupakan strategi yang paling tepat untuk dilaksanakan sesuai dengan kondisi perusahaan saat ini. Strategi penetrasi pasar yaitu berusaha meraih produk yang ada dalam pasar yang ada. Upaya yang dilakukan adalah meningkatkan kualitas pelayanan yaitu dengan memberikan penambahan untuk pelayanan kasir, menerapkan standar pelayanan dengan service excellent, menambah jumlah outlet Unit Pelayanan Cabang (UPC) dan menjalin hubungan baik dengan nasabah, menjalin kerja sama dengan pihak bank untuk membuka transaksi dengan fasilitas pembayaran auto debet, menerapkan sistem online antar cabang, menambah fitur produk dan mengoptimalkan kegiatan promosi.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titlePerumusan Strategi Pemasaran Perum Pegadaian Cabang Kemayoranen


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record