Show simple item record

dc.contributor.advisorSarma,Ma’mun
dc.contributor.authorYuniarizki, Anggita
dc.date.accessioned2012-09-07T07:16:38Z
dc.date.available2012-09-07T07:16:38Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/57087
dc.description.abstractSeiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, saat ini penggunaan internet sudah tidak asing lagi dalam memasarkan suatu produk. Suatu usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran produk atau jasa dengan menggunakan media internet dapat disebut juga e-marketing. Dengan strategi komunikasi pemasaran menggunakan internet, khususnya dengan menggunakan social media produk dapat lebih dijual secara luas dan tidak memerlukan biaya pemasaran yang mahal. Social media yang saat ini biasa digunakan untuk memasarkan produk antara lain Facebook, Twitter dan Kaskus. Dengan melalui jejaring sosial tersebut akan terbentuk strategi komunikasi pemasaran yang efektif yaitu Word of Mouth Marketing. Produk camilan yang saat ini sedang populer dipasarkan melalui jejaring sosial adalah Maicih. Maicih menggunakan sosial media sebagai alat utama pemasarannya. Penelitian ini bertujuan (1) Menganalisis efektifitas social media produk Maicih dalam mengkomunikasikan informasinya kepada konsumen (2) Menganalisis faktor yang memengaruhi pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian produk Maicih. Data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari dari hasil pembagian kuisioner. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi literatur dari berbagai sumber seperti buku, internet, majalah dan skripsi-skripsi terdahulu. Analisis data yang digunakan adalah Consumer Decision Model (CDM) dan Canonical Correlation dengan bantuan software Minitab 14, SPSS 16.0 dan Statistical Analysis System (SAS). Berdasarkan hasil analisis regresi linier pada model CDM, pada informasi yang ingin disampaikan oleh produsen keripik Maicih melalui social media memiliki pengaruh terhadap variabel-variabel yang diukur pada Consumer Decision Model. Informasi di social media mengenai keripik Maicih tersebut mampu mengkomunikasikan informasi yang ingin disampaikan oleh produsen kepada konsumen secara efektif. Oleh karena itu, informasi tentang keripik Maicih di social media efektif sampai memengaruhi pembelian nyata yang dilakukan oleh konsumen keripik Maicih. Hal ini dikarenakan setiap variabel yang ada pada Consumer Decision Model memiliki pengaruh dari variabel informasi di social media (F) sampai variabel pembelian nyata (P), namun variabel informasi social media (F) secara tidak langsung tidak berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen (C) melalui pengenalan merek (B). Berdasarakan analisis bobot kanonik dan loading kanonik dengan menggunakan analisis korelasi kanonikal, faktor-faktor yang memiliki pengaruh terhadap pembelian nyata adalah faktor merek, faktor manfaat, faktor pengetahuan atribut, faktor kepercayaan, faktor kepribadian dan faktor gaya hidup.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Efektivitas Social Media dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Keripik Maicih pada Mahasiswa Strata 1 Institut Pertanian Bogoren


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record