Show simple item record

dc.contributor.advisorHubeis,Musa
dc.contributor.authorAgustinaningrum, Siti Rina
dc.date.accessioned2012-07-31T02:46:31Z
dc.date.available2012-07-31T02:46:31Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/56221
dc.description.abstractBisnis konveksi yang bergerak dalam pembuatan seragam saat ini berada pada tahap pertumbuhan. Salah satu penyebab berkembangnya bisnis ini dikarenakan beberapa faktor, salah satunya peningkatan pemakaian corporate identity sebagai simbol dari sebuah organisasi tertentu. Jika dilihat dari potensi pasarnya di wilayah lingkar kampus IPB merupakan wilayah cocok bagi perkembangan bisnis, karena jumlah mahasiswa yang banyak, daya beli relatif tinggi dan selain itu wilayah lingkar kampus merupakan wilayah pendidikan yang mempunyai kebutuhan sangat tinggi. Agar perusahaan tetap mampu bersaing dengan perusahaan lain yang mengeluarkan produk sejenis dan produk subsitusi, maka manajemen perusahaan harus mampu mengelola perusahaannya dengan baik dan pemasaran yang baik untuk meningkatkan penjualan dan merebut pangsa pasar dalam mendapatkan laba maksimal. Penelitian ini bertujuan : (1) Mengidentifikasi bentuk kegiatan pemasaran yang telah dilakukan oleh konveksi XYZ, (2) Menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi dan menjadi unsur penyusun strategi pemasaran strategi pemasaran konveksi XYZ dan (3) Memberikan alternatif strategi pemasaran yang lebih tepat untuk diterapkan oleh perusahaan konveksi XYZ. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer didapatkan dari kuesioner, data sekunder didapatkan dari berbagai sumber seperti dokumen tertulis dari pihak konveksi XYZ, buku referensi, internet dan lainnya. Alat analisis yang digunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) diproses dengan program Expert Choice 11 dan Microsoft Excel 2007. Berdasarkan hasil penelitian, Faktor-faktor yang teridentifikasi sebagai faktor penyusun strategi pemasaran konveksi XYZ adalah tingkat persaingan, karakteristik pasar, saluran distribusi, teknologi dan harga. Faktor utama yang dipertimbangkan dalam pemilihan strategi pemasaran konveksi XYZ adalah karakteristik pasar dengan bobot 0,309, faktor kedua dengan bobot 0,307 adalah harga, faktor tingkat Persaingan menempati prioritas ketiga dengan bobot 0,177, dan faktor saluran distribusi menempati prioritas keempat dengan bobot 0,112. Faktor teknologi menempati prioritas terakhir (0,094). Alternatif strategi pemasaran konveksi XYZ yang diprioritaskan pertamatama ialah meningkatkan kegiatan promosi (0,3146), alternatif kedua memberikan diskon dengan bobot 0,274, alternatif ketiga menentukan lokasi strategik usaha dengan bobot 0,1845, meningkatkan mutu produk menjadi prioritas ke empat dengan bobot 0,1431 dan kelima memberikan pelatihan kepada SDM dengan bobot 0,0838.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleStrategi Pemasaran Konveksi XYZ di Kawasan Kampus IPB Darmaga Bogoren


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record