Show simple item record

dc.contributor.advisorIrwanto,Abdul Kohar
dc.contributor.authorYuniawaty, Asty Rizki
dc.date.accessioned2012-07-26T04:49:38Z
dc.date.available2012-07-26T04:49:38Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/56106
dc.description.abstractPD. Alam Lestari merupakan salah satu UKM yang ada di Tasikmalaya yang bergerak di bidang makanan berupa susu bubuk kedelai, serbuk kunyit instan, dan bawang merah goreng. Sama halnya dengan UKM lainnya, PD. Alam Lestari menghadapi persaingan dengan UKM lainnya dalam perolehan laba dan terus berusaha dalam menjaga stabilitas penjualan produknya. Selama ini perusahaan tidak mengetahui volume penjualan yang harus terjual agar perusahaan berada dalam kondisi impas maupun penjualannya mencapai target laba yang diinginkan oleh PD. Alam Lestari, karena perusahaan belum pernah menerapkan analisis perhitungan biaya, volume, dan laba. Analisis Cost Volume Profit (CVP) merupakan alat analisis untuk menghitung dampak perubahan harga jual, volume penjualan, dan biaya terhadap laba untuk membantu pihak perusahaan dalam merencanakan laba jangka pendek. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). mengetahui dan mengidentifikasi biayabiaya operasional yang terjadi pada PD. Alam Lestari selama periode bulan Mei sampai September 2011, 2). mengetahui dan menganalisis pertumbuhan penjualan produk, laba perusahaan, margin kontribusi, dan titik impas selama periode bulan Mei-September 2011, 3). menganalisa penerapan analisis CVP pada perusahaan berdasarkan pertumbuhan biaya-biaya operasional dan pertumbuhan penjualan produk yang terjadi selama periode bulan Mei sampai September 2011. Selama bulan Mei 2011 hingga bulan September 2011 biaya variabel dan biaya tetap mengalami perubahan tetapi tidak terlalu jauh perbedaannya. Total penjualan selama lima bulan mengalami peningkatan, tetapi hanya sampai bulan Juli 2011 saja, tetapi mengalami penurunan terus menerus hingga bulan September 2011. Penjualan terakhir yang diperoleh oleh PD. Alam Lestari adalah sebesar Rp 39.425.000 pada bulan September 2011 dengan BEP (titik impas) sebesar 5.283.670 atau berjumlah 302 unit dengan keuntungan yang menurun sebesar Rp 22.512.134. Selama bulan Mei 2011 hingga September 2011 produk yang memberikan margin kontribusi terbesar adalah bawang merah goreng dan yang memberikan margin kontribusi terkecil adalah susu bubuk kedelai 200 gram. Agar perusahaan mencapai laba maksimal setelah mengalami penurunan, maka dapat dilakukan analisis CVP untuk bulan Oktober 2011. Alternatifnya adalah Menaikkan harga jual 5% dan volume penjualan tetap, menaikkan volume penjualan 10 % dan harga jual tetap, dan menurunkan biaya tetap 15% dan menaikkan harga jual 5%. Dari ketiga alternatif tersebut yang dapat memberikan laba maksimal dengan titik impas kecil adalah alternatif menaikkan volume penjualan 10 % dan harga jual tetap yaitu memberikan laba sebesar Rp 26.523.339 dengan titik impas lebih rendah dari penjualan sebelumnya sebesar Rp 5.084.588.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleKajian terhadap Perencanaan Pencapaian Laba dengan Metode Cost-Volume-Profit Analysis pada PD. Alam Lestari (Maureen) di Tasikmalayaen


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record