Show simple item record

dc.contributor.advisorSarma,Ma’mun
dc.contributor.authorPridasari, Khalida
dc.date.accessioned2012-07-18T02:24:53Z
dc.date.available2012-07-18T02:24:53Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/55824
dc.description.abstractUsaha Kecil dan Menengah (UKM) memiliki peran strategis dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Produk-produk yang dihasilkan UKM telah berhasil masuk dan bersaing di pasar lokal maupun internasional. UKM dapat menjadi salah satu solusi untuk menurunkan tingkat pengangguran di Indonesia karena UKM mampu menyediakan lapangan pekerjaan. Salah satu UKM yang berkembang di Kota Bogor adalah CV Munti Bali. CV Munti Bali masih mengalami penurunan penjualan karena disebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor tenaga kerja, dan kurangnya waktu produksi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penyusunan strategi pemasaran CV Munti Bali dan (2) Merekomendasikan strategi pemasaran yang tepat untuk diimplementasikan oleh CV Munti Bali. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dan diskusi bersama pihak internal CV Munti Bali. Data sekunder dalam penelitian ini berasal dari literatur-literatur seperti literatur dari Pemerintah Kota Bogor, Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat, Dekranasda, dan penelitian terdahulu. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Metode ini merupakan kerangka yang memungkinkan mengambil keputusan yang efektif atas persoalan kompleks dengan jalan menyederhanakan dan mempercepat proses pengambilan keputusan dengan cara membagi situasi kompleks, tak terstruktur, ke dalam bagian-bagian komponennya, menata bagian atau variabel ini ke dalam suatu susunan hierarki, memberi nilai numerik pada pertimbangan subyektif tentang pentingnya setiap variabel dan mensintesis berbagai pertimbangan untuk menetapkan variabel mana memiliki prioritas paling tinggi dan bertindak untuk mempengaruhi hasil pada situasi tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, faktor utama yang paling mempengaruhi penyusunan strategi pemasaran pada CV Munti Bali adalah Kualitas SDM iii iii (0,264), selanjutnya faktor yang mempengaruhi penyusunan strategi berikutnya yaitu saluran promosi yang digunakan (0,195), sikap konsumen terhadap produk CV Munti Bali (0,148), waktu produksi keramik (0,144), ketersediaan bahan baku (0,135) serta harga produk (0,113). Penyusunan strategi CV Munti Bali dipengaruhi paling dominan oleh Pemilik/Pimpinan umum (0,365). Pemilik sebagai pengambil keputusan akhir mempertimbangkan saran dari aktor Manajer pemasaran (0,332) sebagai orang yang mengetahui pasar CV Munti Bali, dan terakhir Koordinator produksi (0,303) sebagai aktor yang mengetahui jadwal produksi. Tujuan yang ingin dicapai CV Munti Bali, yang paling utama adalah mempertahankan loyalitas pelanggan (0,409) dimana konsumen merupakan pengguna akhir dari produksi, kemudian tujuan kedua adalah meningkatkan omzet penjualan (0,329) dan meningkatkan pangsa pasar (0,262). Alternatif strategi pemasaran yang penting untuk dilakukan CV Munti Bali adalah meningkatkan kompetensi SDM Karyawan (0,297) karena karyawan yang membantu perkembangan CV Munti Bali. Alternatif strategi berikutnya adalah memanfaatkan media promosi secara optimal (0,271). Alternatif ketiga serta alternatif strategi terakhir adalah memperluas dan memperkuat kerjasama dengan agen (0,248) dan mempertahankan positioning produk berdasarkan kualitas dan harga (0,184)en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Strategi Pemasaran UKM Penghasil Produk Kerajinan Kreatif Keramik pada CVMunti Bali, Bogoren


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record