Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Perkreditan Motor di PT. Summit Oto Finance Cabang Bogor 2
Abstract
Persaingan global pada saat ini sudah merupakan fenomena yang tak terhindar dalam industri yang ditandai dengan perubahan-perubahan yang serba cepat dibidang teknologi, komunikasi, informasi dan trasportasi. Salah satu industri yang sedang melakukan peningkatan terhadap produknya saat ini adalah industri kendaraan bermotor untuk kendaraan bermotor roda atau sepeda motor. Karena adanya fasilitas yang memudahkan untuk memiliki sepeda motor maka tingkat penjualan motor setiap tahunnya semakin meningkat. Pelanggan dapat memiliki sepeda motor dengan cara menggunakan jasa kredit perusahaan pembiayaan motor maupun pembelian secara tunai. PT. Summit Oto Finance merupakan salah satu perusahaan pembiayan motor yang terkemuka diindonesia yang memiliki 122 cabang tersebar di indonesia. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui karakteristik pelanggan pada PT. Summit Oto Finance Cabang Bogor 2, (2) Untuk menganalisis sejauh mana tingkat kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa perkreditan PT. Summit Oto Finance Cabang Bogor 2, (3) Untuk Menganalisis hubungan karakteristik dengan tingkat kepuasan pelanggan PT. Summit Oto Finance Cabang Bogor 2. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah convinience sampling, yaitu pengambilan sampel yang dilakukan berdasarkan ketersediaan dan kemudahan untuk mendapatkannya. Dalam penelitian ini, karakteristik sampel untuk pengisian kuesioner diantaranya adalah konsumen yang pernah menggunakan jasa perkreditan di PT. Summit Oto finance minimal sebanyak 1 kali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji Chi Square, Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Pengolahan data dilakukan menggunakan software SPSS Version 16.00 for Windows dan Microsoft Excell 2007. Hasil analisis deskriptif menunjukan pelanggan PT. Summit Oto Finance didominasi oleh pria sebanyak 76 persen dan wanita 24 persen, usia 26-35 (44%), pekerjaan pegawai swasta (85%), pendidikan terakhir SLTA (43%), pendapatan per bulan Rp 1.000.000 – Rp 2.000.000 (41%) dan pengeluaran per bulan Rp 500.00- Rp 1.500.000 (45%). Hasil uji Chi Squer menunjukan bahwa jenis kelamin memiliki hubungan antara karakteristik pelanggan dengan tingkat kepuasan pelanggan. Hasil pengolahan data dengan menggunakan metode important performance analysis menunjukan bahwa terdapat dua atribut yang berada pada kuadran prioritas utama (kuadran A) yaitu atribut 13 (Fasilitas ruang tunggu pembayaran angsuran yang nyaman) dan atribut 3 (Kecepatan petugas dalam melayani konsumen). Hasil pengolahan data pengunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) memberikan nilai hasil akhir sebesar (80,26%). Nilai (80,26%) ini berada pada kelas interval 0,66- 0,80. Kelas interval ini merupakan kelas interval yang memiliki arti puas. Hal ini memberikan definisi bahwa setiap pelanggan PT. Summit Oto Finance Cabang Bogor 2 telah merasa puas atas pelayanan yang diberikan.
Collections
- UT - Management [3458]