Show simple item record

dc.contributor.advisorSyamsun,Muhamad
dc.contributor.authorJulianry, Anriza
dc.date.accessioned2012-02-24T01:28:23Z
dc.date.available2012-02-24T01:28:23Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/53511
dc.description.abstractDi negara-negara yang sedang berkembang, bahan bakar gas merupakan sumber perekonomian yang sangat fundamental. Salah satu jenis bahan bakar yang berbentuk gas yaitu Gas bumi. Gas bumi merupakan alternatif sumber energi yang penggunaannya semakin hari semakin meningkat. Hal ini didasarkan atas pengunaan gas alam yang lebih menguntungkan (lebih efisien), dibandingkan dengan gas alam, karena penggunaan energi gas bumi disamping bersih dan ramah lingkungan, serta tidak berbau, tidak korosif, tidak berwarna dan tidak beracun. Kebutuhan akan energi ini membuat meningkatnya permintaan energi tersebut, maka membutuhkan manajemen produksi maupun distribusi yang baik. Persaingan yang semakin ketat diantara industri yang bergerak pada bidang migas membutuhkan suatu teknik peramalan dan strategi pemasaran yang tepat. Salah satu industri migas di Indonesia yang sedang berkembang yaitu Perusahaan energi XYZ. Perusahaan migas Perusahaan energi XYZ membutuhkan suatu teknik peramalan yang tepat yaitu dengan menggunakan model deret waktu untuk membantu perusahaan dalam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak guncangan variabel Pasoka terhadap bisnis gas serta dampak guncangan penjualan gas terhadap Perusahaan energi XYZ di Indonesia. Data yang di gunakan adalah data time series bulanan periode Januari 2005 sampai september 2010. Sementara variabel-variabel yang digunakan adalah data Pasokan dan penjualan Metode yang digunakan adalah Vector Auto Regression (VAR) yang di kombinasikan dengan Vector Error Correction Model (VECM). Hasil penelitian menunjukan analisis IRF dan FEVD untuk melihat korelasi antara data pasokan dengan data penjualan yang kemudian dilakukan peramalan melalui analisis FEVD. Hasil analisis digunakan untuk merancang strategi pemasaran perusahaan tetapi hanya berbentuk sebuah saran untuk perbaikan strategi pemasaran perusahaan. Dari hasil tersebut perusahaan bisa menafsirkan variabel apa saja yang ingin ditingkatkan dan hambatan apa saja yang harus ditanggulangi agar tingkat menjual terus bertambah. Implikasi dari analisis dan interprasi ini akan mempengaruhui keputusan menejerial salah satunya dalam merecanakan pemasaran yang mungkin dilakukan.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Peramalan Penjualan Menggunakan Kointegrasi Antar Komoditas di Perusahaan Energi XYZen


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record