Show simple item record

dc.contributor.advisorSyamsun,Muhamad
dc.contributor.authorPuspita, Kiki Maulya
dc.date.accessioned2012-02-02T04:06:44Z
dc.date.available2012-02-02T04:06:44Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/53158
dc.description.abstractHampir seluruh kegiatan manusia senantiasa diarahkan pada kondisi waktu yang akan datang, dimana keberadaannya tidak dapat diketahui secara pasti. Hal yang juga terjadi pada kegiatan perusahaan. Semua perusahaan beroperasi dalam suasana ketidakpastian. Untuk meminimalkan ketidakpastian itu dapat dilakukan dengan metode atau pendekatan peramalan (forecasting). Peramalan penjualan sangat penting dalam mengkaji situasi dan kondisi pada masa depan dan dapat digunakan untuk memperkirakan apa yang akan terjadi di masa mendatang. Berdasarkan definisi dan kegunaan yang telah dijabarkan, maka PT S-IK Indonesia yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur yaitu Plastic Coloring and Compounding (pewarnaan dan perancangan/peracikan bahan baku plastik), perlu menerapkan peramalan penjualan dengan menggunakan pendekatan peramalan yang ada guna untuk mendapatkan suatu perencanaan yang baik untuk mencapai target yang ingin dicapai oleh perusahaan serta meningkatkan kualitas dan kuantitas penjualannya. Selama ini PT S-IK Indonesia dalam menerapkan peramalan penjualannya masih menggunakan metode kualitatif, yakni metode peramalan berdasarkan intuisi atau pertimbangan seorang manajer dalam pengambilan keputusan. Dimana dalam hal ini, PT S-IK Indonesia hanya menggunakan informasi-informasi yang ada untuk meramalkan kondisi penjualannya di masa yang akan datang. Oleh karena itu melalui penelitian ini peneliti berusaha untuk memberikan sebuah usulan atau alternatif peramalan penjualan dengan menggunakan pendekatan peramalan kointegrasi. Bahan baku plastik yang akan diramalkan pada penelitian kali ini adalah hanya mengambil tiga sampel bahan baku plastik yang terdapat pada PT S-IK Indonesia yaitu ABS (Acrylonitrile Butadiene Stryrene), PP (Polypropylene) dan PS (Polystyrene). Hal ini dikarenakan ketiga komoditi tersebut merupakan komoditi utama di PT S-IK Indonesia yang banyak dipesan oleh konsumen. Penjualan dari ketiga komoditi ABS, PP dan PS yang berfluktuatif menyebabkan PT. S-IK Indonesia memerlukan suatu pendekatan untuk melihat ramalan volume penjualan dari ketiga komoditi tersebut serta hubungan dan pengaruh penjualan antar komoditi. Pengaruh dan hubungan setiap komoditi dalam suatu perusahaan terkadang menyebabkan penurunan dan peningkatan penjualan terhadap komoditi lainnya. Hal ini diperlukan untuk membantu PT. S-IK Indonesia dalam mengontrol volume penjualan dari ketiga komoditi tersebut dalam beberapa periode ke depan. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kointegrasi. Dimana dengan metode kointegrasi ini perusahaan dapat melihat hubungan antar produk dan juga dapat mengetahui ramalan penjualan untuk periode kedepannya.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Peramalan Penjualan Menggunakan Pendekatan Kointegrasi Pada Komoditas ABS (Acrylonitrile Butadiene Stryrene), PP (Polypropylene) dan PS (Polystyrene) di PT S-IK Indonesiaen


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record