Show simple item record

dc.contributor.advisorAminah, Mimin
dc.contributor.authorFitriyanti, Intan
dc.date.accessioned2011-12-13T04:01:16Z
dc.date.available2011-12-13T04:01:16Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/52421
dc.description.abstractSejak pemerintah menyetujui Undang Undang (UU) No. 40 tentang Perseroan Terbatas (PT) dalam rapat paripurna DPR RI pada 20 Juli 2007 yang memuat tentang ketentuan yang mewajibkan perusahaan untuk menyisihkan sebagian labanya untuk program CSR (Corporate Social Responsibility), menurut Dr.Ir. Arif Budimanta, MSi ternyata masih sedikit perusahaan yang menjalankan program CSR nya dengan sepenuh hati. PT Bank X adalah salah satu perusahaan yang telah menjalankan kegiatan CSR melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan sejak tahun 1999 (dulu disebut PUKK). PT Bank X merupakan salah satu perusahaan yang termasuk dalam lima besar perusahaan penyumbang dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan dari seluruh BUMN. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi program dan salah satunya dengan menganalisis efektivitas Program Kemitraan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui karakteristik umum Mitra Binaan dalam Program Kemitraan PT Bank X, di Bogor, (2) Menganalisis efektivitas program kemitraan PT Bank X Bogor, (3) Menganalisis hubungan antara karakteristik mitra binaan dengan efektivitas program, dan (4) Menganalisis hubungan antara efektivitas program kemitraan dengan loyalitas mitra binaan. Data primer diperoleh dari 40 Mitra Binaan PT Bank X dengan wawancara langsung dan kuesioner. Metode yang digunakan adalah analisis Deskriptif dengan skala Likert, Importance Performance Analysis (IPA), Uji Tabulasi silang (Crosstabs), dan uji korelasi Rank Spearman dengan bantuan software SPSS versi 17 dan Ms. Excel 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pengusaha kecil yang menjadi mitra binaan PT Bank X Bogor memiliki proporsi yang sama antara perempuan dan laki-laki, rentang usia >40 tahun, pendidikan terakhir SMU/SMK, Jenis usaha yang dijalankan adalah usaha Makanan, dan Lama bermitra antara 1-3 tahun. Untuk efektivitas Program Kemitraan PT Bank X Bogor, dari segi realisasi program yang paling efektif diperoleh mitra binaan adalah program pelatihan. Dari segi ketercapaian tujuan, secara keseluruhan program kemitraan dapat dikatakan efektif dengan program yang paling tinggi efektivitasnya adalah program Kredit Murah (Sangat Efektif). Berdasarkan hasil uji Tabulasi silang (Crosstabs) terdapat hubungan yang signifikan antara lama bermitra dengan efektivitas kredit murah. Berdasarkan hasil uji korelasi Rank Spearman terdapat hubungan linier yang positif antara efektivitas program kemitraan dengan Loyalitas mitra binaan dengan koefisien korelasi 0,421 (tingkat korelasi Sedang) dan nilai-p = 0,006 (signifikan), sehingga semakin efektif program kemitraan PT Bank X Bogor maka mitra binaan semakin loyal.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Efektivitas Program Kemitraan PT Bank X dengan Usaha Kecil di Bogoren


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record