Show simple item record

dc.contributor.advisorArkeman, Yandra
dc.contributor.advisorDjatna, Taufik
dc.contributor.authorKanara, Zafira
dc.date.accessioned2011-09-08T04:29:39Z
dc.date.available2011-09-08T04:29:39Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/49952
dc.description.abstractPelanggan sering dihadapkan dengan informasi produk yang terlampau melimpah di internet. Dalam rangka meningkatkan kepuasan pelanggan, salah satu cara untuk mengatasi masalah memilih dan menemukan produk yang paling cocok adalah mengembangkan sistem rekomendasi cerdas berdasarkan pada web mining dan radar chart. Web mining adalah sebuah teknik untuk menggali informasi tersembunyi dalam sejumlah data dengan tujuan untuk mendapatkan pola tertentu. Pola yang akan diambil pada penelitian ini adalah pola transaksi pelanggan untuk menghasilkan sebuah rekomendasi produk. Web mining digunakan untuk memprediksi kesukaan pelanggan berdasarkan perilaku pelanggan sebelumnya. Metode web mining yang digunakan dalam penelitian ini adalah clustering dengan metode K-Means. Metode K-Means dapat mengklasifikasikan produk sesuai dengan kesamaan antar data produk dengan perhitungan jarak perbedaan menggunakan rumus Euclidean. Radar chart ditampilkan dalam bentuk grafik seperti jaring laba-laba untuk mengevaluasi beberapa alternatif berdasarkan beberapa kriteria. Radar chart dapat mengevaluasi kualitas produkproduk dalam bentuk grafik yang dapat membandingkan antara lima sampai sepuluh kriteria. Kedua metode tersebut berperan memberikan rekomendasi dalam sistem bisnis cerdas pada penelitian ini.en
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.titleSistem bisnis cerdas berbasis internet (intelligent E-business) untuk agroindustri kelapa berorientasi eksporen


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record