Analisis kebutuhan pelatihan karyawan bidang pelayanan pada Pt Taspen (Persero) Kantor Cabang Bogor
Abstract
Kompetisi yang meningkat dalam segala bidang, baik yang bergerak dalam bidang jasa maupun yang menghasilkan barang menuntut perusahaan untuk bekerja lebih efektif dan efisien serta menghasilkan kualitas layanan prima. Tingkat kompetisi yang tinggi menuntut pula suatu perusahaan mengoptimalkan dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang dimilikinya, hal ini disebabkan oleh pengaruh yang kuat dari sumberdaya manusia terhadap efektifitas dan efisiensi perusahaan. Mendapatkan dan mempertahankan sumberdaya manusia yang berkualitas tidak terlepas dari peran manajemen sumberdaya manusia, dan salah satu aspek manajemen sumberdaya manusia yang perlu diperhatikan dan dilaksanakan perusahaan adalah aspek pengembangan sumberdaya manusia. Pengembangan sumberdaya manusia yang berkualitas salah satunya dapat dicapai dengan pendidikan dan pelatihan (Diklat). Penelitian ini dilaksanakan di PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Bogor yang beralamat di Jalan Pajajaran No. 99, Bogor. Metode yang digunakan untuk analisis data adalah metode Training Need Assesment Tool (TNA-T), untuk mengetahui terjadinya suatu kesenjangan antara Kemampuan Kerja Jabatan (KKJ) dan Kemampuan Kerja Pribadi (KKP).
Collections
- UT - Management [3387]