Analisis proses pengambilan keputusan dan preferensi konsumen terhadap Wana Wisata Curug Nangka KPH Bogor Perum Perhutani Unit III Jawa Barat dan Banten
Abstract
Penelitian ini menganalisis tentang Proses Pengambilan Keputusan dan Preferensi Konsumen terhadap Wana Wisata Curug Nangka (WWCN) yang dilakukan di Wana Wisata Curug Nangka (WWCN), berlokasi di Desa Sukajadi Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor dan dilakukan selama tiga bulan dari April hingga Juni 2006. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui karakteristik konsumen yang mengunjungi WWCN, (2) Menganalisis proses pengambilan keputusan pembelian terhadap jasa wisata WWCN, (3) Menganalisis preferensi konsumen terhadap atribut WWCN, (4) Merumuskan upaya-upaya apa saja yang sebaiknya dilakukan oleh pengelola WWCN dalam meningkatkan pelayanan dan pengembangkan objek wisata yang dimilikinya. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 110 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Deskriptif, Analisis Faktor dan Regresi Logistik Ordinal. Pengolahan data dibantu dengan Microsoft Excel, program SPSS versi 11.5 for Windows, dan Minitab 14. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa sebagian besar pengunjung WWCN berjenis kelamin laki-laki (70.91%) dengan usia berkisar antara 15 tahun hingga 24 tahun (44.55%). Daerah asal kedatangan pengunjung WWCN mayoritas datang dari Jakarta (49.09%) dan Bogor (35.45%). Tingkat pendidikan terakhir pengunjung sebagian besar adalah lulusan SMU/SMK (41.82%). Pengunjung sebagian besar bekerja sebagai pegawai swasta (39.09%), dengan pendapatan terbanyak berada pada level B atau kelas menengah bawah (63.64%) yaitu pendapatan yang berkisar antara Rp500.000 hingga Rp2.350.000 per bulan.
Collections
- UT - Management [3473]