Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecerdasan Anak Prasekolah (Studi Kasus pada Keluarga Migran asal Jawa dan Sumatera Barat di Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan anak prasekolah bailc faktor internal (status gizi) maupun faktor eksternal (keadaan sosial ekonomi, fisik rumah, hubungan orang tuaanak, tingkat pendidikan orang tua dan latar belakang sosial budaya), serta mengetahui hubungan antara status gizi dengan keadaan sosial ekonomi dan tingkat pendidikan orang tua, serta hubungan orang tua-anak dengan keadaan sosial ekonomi dan latar belakang sosial budaya. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pada bulan Juli sampai September 1993. Data yang dikumpulkan merupakan data primer yang diperoleh dari wawancara dengan menggunakan kuesioner dan data sekunder (IQ) dari psikolog.