Analisa hubungan strategi penetapan harga terhadap positioning produk (Studi kasus di PT Sido Muncul, Semarang)
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi dan kemajuan ekonomi pada saat i mem~engamhi pula perkembangan dan pertumbuhim industri di segala bidang. Hal i mendorong timbulnya persaingan yang ketat diantara industri-industri untu memenangkan persaingan. Hal yang paling pokok itgar dapat bersaing adalah bagaiman industri tersebut dapat memahami apa yang diinginkan oleh konsumen dan bera melakukan perubahan-perubahan (inovasi) terhadap produknya. Kebijaksanaan penetapan harga dan penempatan produk (positioning) tli bena konsumen sasaran mempakan ha1 penting yang hams diperhatikan oleh suatu perusahaa Dalam rnenetapkan harga perusahaan hams mempertimbangkan persepsi-persep (imagelcitra) konsumen tentang harga dan bagaimana kiranya persepsi-persepsi clemikian, mempengaruhi keputusan-keputusan membeli para konsumen. Sewaktu konsumenl membeli produk, maka mereka mempertukarkan sesuatu yang memiliki nilai (harga) untuk mencapai sesuatu yang bernilai (keuntungan atau manfaat memiliki atau menggunakanj produk tersebut). Oleh sebab itu penetapan harga yang berorientasi pada pembeli secarai efektif meliputi pemahaman tentang nilai apa yang diberikan para konsumen atas! keuntungan-keuntungan mereka terima dari produk: yang bersangkutan dan menetapkani suatu harga yang cocok dengan nilai tersebut. I Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengamh: terhadap penentuan kebijaksanaan harga produk terhadap konsumen, mengidentifikasi; faktor-faktor yang timbul terhadap penilaian konsuman pada suatu jenis produk rnelaluij penetapan harganya, menganalisa adakah hubungan antara strategi penetapan harg< dengan positioning, serta merekomendasikan hasil penelitian kepada perusahaan agari dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menetapkam harga untukpositioning produknya.! Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode penelitian survei yaitu; dengan ~nengambil sampel dari satu populasi dengan lcuisioner sebagai alat ~engumpulan' data primer serta wawancara dan data dari perusahaan. Pendekatan masalah dilakukan; dengan menggunakan statistik non parametrik. Metode statistika yang digunakan adalah. uji Chi Sq71nr.e yaitu untuk menganalisa adakah hubungan antara penetapan harga dengan positioning produk. Sedangkan nilai koefisien kontingensi digunakan untuk melihat keeratan hubungan