Show simple item record

dc.contributor.authorWibowo, Wahyu Andi
dc.date.accessioned2010-06-03T11:33:09Z
dc.date.available2010-06-03T11:33:09Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/27458
dc.description.abstractKilas balik ekonomi dunia dan Indonesia tahun 2008-2010 menggambarkan bahwa kondisi perekonomian di dunia, di Asia maupun di Indonesia sedang mengalami ketidakstabilan, seperti inflasi yang tercatat sebesar 11,03% menjadi 5%, kurs Rp 9.155/US$ menjadi Rp. 10.000/US$, pertumbuhan ekonomi 6% menjadi 5% dan harga minyak dunia yang bergejolak di tahun 2008 yang dikhawatirkan mencapai US$200 per barel menjadi US$60 per barel di tahun 2010. Kondisi yang tidak stabil tersebut mengakibatkan fungsi perbankan menjadi kurang efisien dan berdampak pada kondisi psikologis karyawan dan munculnya permasalahan organisasi, antara lain masalah kinerja keuangan, perbaikan atau pergantian manajemen, turnover, penurunan kinerja karyawan dan konflik antar karyawan. Salah satu Bank yang terkena imbas dari ketidakstabilan ekonomi di Indonesia adalah Bank Negara Indonesia (BNI). Kondisi yang diakibatkan dari ketidakstabilan ekonomi tersebut menimbulkan pemahaman akan pentingnya pengelolaan sumber daya manusia untuk pencapaian kinerja pada tingkat yang diharapkan. Sehubungan dengan hal tersebut, ada permasalahan yang bisa diidentifikasi yang diperkirakan mempunyai pengaruh terhadap kinerja karyawan, yang akan dikaji lebih dalam adalah stres kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan BNI kantor cabang Pati, Jawa Tengah. Stres kerja diukur menggunakan sumber stres kerja yang berasal dari organisasi yaitu tuntutan tugas, tuntutan sarana, tuntutan hubungan antar pribadi, struktur organisasi dan kepemimpinan organisasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari data primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada para responden dan wawancara langsung beberapa karyawan, serta data sekunder yang diperoleh dari studi literatur yang relevan. Analisis data menggunakan analisis persepsi dan Analisis Regresi Linear Berganda dengan software pengolah data Microsoft Excel dan SPSS 15.0 for windows. Berdasarkan persepsi terhadap sumber stres kerja, diketahui bahwa tuntutan tugas, tuntutan peran dan hubungan interpersonal pada karyawan BNI kantor cabang Pati, Jawa Tengah berada pada tingkatan sedang, sedangkan persepsi karyawan terhadap stres yang disebabkan oleh struktur organisasi dan kepemimpinan organisasi berada pada rentang yang rendah. Pada analisis persepsi kinerja, diketahui bahwa kemampuan teknis dan kemampuan konseptual karyawan BNI kantor cabang Pati, Jawa Tengah berada pada kategori sedang. Berbeda dengan kemampuan hubungan interpersonal karyawan di BNI kantor cabang Pati, Jawa Tengah berada pada rentang tinggi. Seluruh sumber stres kerja yaitu tuntutan tugas, tuntutan peran, tuntutan antar pribadi, struktur organisasi dan kepemimpinan organisasi secara bersamasama. mempengaruhi kinerja karyawan, namun hanya tuntutan antar pribadi yang berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan tuntutan tugas, tuntutan peran, struktur organisasi dan kepemimpinan organisasi tidak berpengaruh secara signifikan.id
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.titleAnalisis pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan (Studi kasus Bank Negara Indonesia Kantor Cabang Pati)id


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record