Show simple item record

dc.contributor.advisorSarma, Ma’mun
dc.contributor.authorMegawati, Rosmia
dc.date.accessioned2010-06-03T11:18:27Z
dc.date.available2010-06-03T11:18:27Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/27424
dc.description.abstractBank yang berhasil mencetak predikat sangat bagus adalah bank yang berhasil memanfaatkan momentum pertumbuhan ketika situasi ekonomi makro makin kondusif. Keberhasilan Bank Bukopin Cabang Cilegon untuk tetap menjaga agar keberadaannya tetap eksis dan dapat diterima masyarakat sehingga terus dipercaya sebagai bank yang mampu melayani nasabahnya dengan baik tidak terlepas dari visi dan misinya. Dalam menjaring nasabah dan usaha peningkatan kualitas pelayanannya, Bank Bukopin Cabang Cilegon membutuhkan informasi dan persepsi nasabah mengenai kepuasan atas pelayanannya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis atribut kualitas pelayanan yang dapat mempengaruhi kepuasan nasabah Bank Bukopin Cabang Cilegon; (2) Menganalisis tingkat kepuasan nasabah terhadap kualitas pelayanan Bank Bukopin Cabang Cilegon; dan (3) Menganalisis pengelompokan faktor-faktor kualitas jasa pelayanan Bank Bukopin Cabang Cilegon. Analisis data yang dilakukan menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) serta Analisis Faktor. Analisis data dilakukan dengan program Microsoft Exell 2007 dan software SPSS 16.0 for Windows. Hasil perhitungan dengan menggunakan metode IPA diperoleh Kuadran I yang memiliki tingkat kepentingan tinggi tetapi tingkat kinerjanya rendah berisi 4 atribut, kuadran II yang memiliki tingkat kepentingan dan tingkat kinerja rendah berisi 6 atribut, kuadran III yang memiliki tingkat kepentingan dan tingkat kinerja rendah berisi 7 atribut, dan kuadran IV yang memiliki tingkat kepentingan rendah tetapi tingkat kinerja tinggi berisi 1 atribut. Sedangkan hasil perhitungan CSI menyatakan secara keseluruhan nasabah merasa puas terhadap kualitas pelayanan yang diberikan Bank Bukopin Cabang Cilegon, hal ini berdasarkan perhitungan indeks kepuasan sebesar 77,42%. Hasil perhitungan Analisis Faktor yang membagi atribut-atribut tingkat kepentingan dan atribut-atribut tingkat kinerja ke dalam lima dimensi kualitas jasa yang dapat mewakili faktor tertentu dan dilihat dari nilai ekstraksi yang terbesar adalah ketepatan dalam pencatatan transaksi, karyawan melayani nasabah berdasarkan urutan kedatangan, keamanan selama berada di bank, karyawan memiliki kemampuan untuk menciptakan hubungan yang baik dengan nasabah, lokasi bank yang strategis, promosi yang dilakukan dan daya tarik hadiah, karyawan melayani nasabah dengan cepat, keamanan selama berada di bank, dan karyawan cepat tanggap terhadap keluhan nasabah.id
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.titleAnalisis Tingkat Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Pelayanan PT Bank Bukopin Kantor Cabang Cilegonid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record