Analisis Pengaruh Green Marketing Mix, Green Manufacturing, dan Entrepreneurial Cognition pada Sustainability Industri Kosmetik Natural
Abstract
SULTAN FERNANDO ANTARIKSAWAN. Analisis Pengaruh Green Marketing Mix, Green Manufacturing, dan Entrepreneurial Cognition pada Sustainability Industri Kosmetik Natural. Dibimbing oleh HARDIANA WIDYASTUTI.
Di tengah krisis global seperti perubahan iklim, keberlanjutan menjadi prioritas utama bagi sektor industri, termasuk kosmetik natural di Indonesia yang tumbuh pesat namun masih didominasi UMKM dengan keterbatasan dalam mencapai keberlanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh green marketing mix, green manufacturing, dan entrepreneurial cognition terhadap sustainability industri kosmetik natural di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan pada April–Juli 2025 dengan melibatkan 99 responden melalui teknik snowball dan purposive sampling. Data dianalisis dengan pendekatan analisis deskriptif dan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green marketing mix dan green manufacturing berpengaruh signifikan terhadap sustainability, sedangkan entrepreneurial cognition tidak berpengaruh signifikan. Implikasi penelitian ini menyoroti pentingnya fokus pelaku usaha pada penerapan strategi pemasaran hijau dan manufaktur ramah lingkungan. Selain itu, hasil penelitian dapat menjadi dasar bagi pembuat kebijakan untuk mendukung regulasi dan program pendampingan UMKM kosmetik natural dalam mewujudkan praktik bisnis berkelanjutan.
Collections
- UT - Management [3620]
