View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Human Ecology
      • UT - Family and Consumer Sciences
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Human Ecology
      • UT - Family and Consumer Sciences
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Pengaruh Interaksi Suami Istri dan Manajemen Keuangan terhadap Keputusan Pembelian Rumah

      Thumbnail
      View/Open
      Cover (459.1Kb)
      Fulltext (1011.Kb)
      Lampiran (577.5Kb)
      Date
      2025
      Author
      Mauldina, Rahdya
      Krisnatuti, Diah
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pasangan suami istri menghadapi tantangan dalam pemenuhan kebutuhan primer seperti rumah. Ekonomi yang tidak dikelola dengan baik, serta interaksi pasangan yang kurang efektif menjadi faktor penyebab permasalahan dalam pengambilan keputusan rumah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh interaksi suami istri dan manajemen keuangan terhadap keputusan pembelian rumah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross-sectional study dengan kriteria laki-laki dan perempuan yg telah menikah dan memiliki rumah sendiri pada jumlah sampel sebanyak 63 responden yang terdiri dari 30 laki-laki dan 33 perempuan. Teknik pengambilan contoh menggunakan non probability sampling, yaitu purposive sampling di wilayah Kota Bogor. Penelitian dianalisis menggunakan SPSS versi 25.0 melalui analisis deskriptif uji pengaruh dan uji beda. Dari hasil analisis, terlihat bahwa interaksi suami istri dan manajemen keuangan termasuk kategori sedang, serta keputusan pembelian rumah termasuk kategori tinggi. Dibuktikan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan antara laki-laki dan perempuan. Hasil uji korelasi menemukan bahwa usia berpengaruh negatif, sedangkan interaksi suami istri dan manajemen keuangan berhubungan positif signifikan dengan keputusan pembelian rumah. Hasil uji regresi menemukan bahwa dimensi rasa hormat dan mengarahkan dari variabel interaksi suami istri berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian rumah.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/170741
      Collections
      • UT - Family and Consumer Sciences [1535]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository