Show simple item record

dc.contributor.advisorBasar, Firman Muhammad
dc.contributor.authorUtami, Nadhira Putri
dc.date.accessioned2025-08-22T08:00:33Z
dc.date.available2025-08-22T08:00:33Z
dc.date.issued2025
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/170094
dc.description.abstractNADHIRA PUTRI UTAMI. Game Edukasi Anemia “Bloodi” untuk Meningkatkan Pengetahuan Pola Makan dan Aktivitas Fisik Atlet Basket Putri. Dibimbing oleh FIRMAN MUHAMMAD BASAR. Anemia pada remaja putri, terutama yang aktif secara fisik seperti pemain basket, sering terjadi akibat kekurangan zat besi dan pola makan yang tidak seimbang. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh game edukasi “Bloodi” terhadap peningkatan pengetahuan pola makan dan aktivitas fisik atlet basket putri. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain one group pre-test dan post-test, melibatkan 31 siswi di SMAN 1 Cisarua Bogor. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil menunjukkan peningkatan pengetahuan yang signifikan pada pola makan (Z = -4,731; p = 0,000) dan aktivitas fisik (Z = -4,582; p = 0,000). Rata-rata tingkat kesukaan terhadap media mencapai 4,3 dari 5. Temuan ini menunjukkan bahwa game edukasi interaktif dapat menjadi media efektif untuk meningkatkan literasi kesehatan dan pencegahan anemia pada remaja. Kata kunci: aktivitas fisik, anemia, game edukasi, pengetahuan, pola makan
dc.description.abstractNADHIRA PUTRI UTAMI. The Educational Game “Bloodi” to Improve Dietary and Physical Activity Knowledge of Female Adolescent Basketball Players. Supervised by FIRMAN MUHAMMAD BASAR. Anemia in female adolescents, especially those engaged in intense physical activity like basketball, is often caused by iron deficiency and poor dietary habits. This study aimed to examine the effect of the educational game “Bloodi” on improving knowledge of diet and physical activity among female basketball students. A quasi experiment one group pre-test and post-test design was used with 31 participants from SMAN 1 Cisarua Bogor. Data were collected using questionnaires and analyzed with the Wilcoxon test. Results showed significant increases in dietary knowledge (Z = -4.731; p = 0.000) and physical activity knowledge (Z = -4.582; p = 0.000). The average satisfaction score was 4.3 out of 5. These findings indicate that interactive educational games are effective tools to enhance health literacy and support anemia prevention among adolescents. Keywords: anemia, educational game, knowledge, nutrition, physical activity
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleGame Edukasi Anemia “Bloodi” untuk Meningkatkan Pengetahuan Pola Makan dan Aktivitas Fisik Atlet Basket Putriid
dc.title.alternativeThe Educational Game “Bloodi” to Improve Dietary and Physical Activity Knowledge of Female Adolescent Basketball Players.
dc.typeTugas Akhir
dc.subject.keywordaktivitas fisikid
dc.subject.keywordanemiaid
dc.subject.keywordgame edukasiid
dc.subject.keywordpengetahuanid
dc.subject.keywordphysical activityid
dc.subject.keywordanemiaid
dc.subject.keywordeducational gameid
dc.subject.keywordknowledgeid
dc.subject.keywordNutritionid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record