Optimalisasi Utilitas Aset Ruang Melalui Time Restricted Event Dalam Meningkatkan Revenue Bisnis Non-farebox Pada PT MRT Jakarta (Perseroda)
Abstract
Optimalisasi utilitas aset ruang merupakan upaya strategis untuk meningkatkan pendapatan Non-farebox, khususnya bagi perusahaan transportasi perkotaan seperti PT MRT Jakarta (Perseroda). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi area stasiun dan zona Transit Oriented Development (TOD) sebagai aset bisnis yang dapat menghasilkan pendapatan alternatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi literatur. Beberapa tools analisis bisnis yang digunakan antara lain Business Model Canvas (BMC), Boston Consulting Group (BCG) Matrix, Cost-Benefit Analysis (CBA), dan Feasibility Study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi pemanfaatan ruang, terutama melalui kolaborasi dengan mitra eksternal dalam penyelenggaraan bazar dan aktivasi tenant, dapat meningkatkan pendapatan non- ticket secara signifikan. Penelitian ini juga menekankan pentingnya pemilihan strategi yang tepat berdasarkan kelayakan aset dan analisis pasar. Oleh karena itu, pemanfaatan aset ruang memiliki peran penting dalam mendukung keberlanjutan model bisnis Non-farebox PT MRT Jakarta (Perseroda).
Collections
- UT - Management [3620]
