View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Model Keinginan Berinvestasi Perdana Pada Online Peer-To Peer Lending (Studi Kasus: Pt Xyz)

      Thumbnail
      View/Open
      full text (2.119Mb)
      Date
      2017
      Author
      Bangsa, Bentar Dwika Putra
      Najib, Mukhamad
      Hermadi, Irman
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Online peer-to-peer lending sebagai industri finansial yang baru muncul dari inovasi pembiayaan traditional dengan memanfaatkan teknologi. Industri ini sukses berkembang di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Cina, dan sekarang sedang berkembang di Indonesia. Pasar di Indonesia masih belum siap untuk menerima industri ini. Pernyataan ini dapat digambarkan dengan tren aktifitas pendana pada salah satu perusahaan peer-to-peer lending di Indonesia (PT XYZ). Rasio aktifitas deposit pendana dalam 6 bulan (September 2016 – Februari 2017) turun dari 21% sampai 14%. Berdasarkan trend tersebut, membutuhkan model untuk mengukur kepercayaan dan menganalisis faktor yang mempengaruhi keinginan untuk berinvestasi di dalam platform ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kausal yaitu untuk menganalisa satu variabel menjadi penyebab terhadap variabel lainnya. Pengukuran pada penelitian ini menggunakan dua metode kuantitatif, yaitu analisa deskriptif dan metode survei. Analisa deskriptif menjelaskan mengenai demografi responden berdasarkan hasil kuesioner. Survei dilakukan secara online melalui survei online (google form) dan responden merupakan pendana yang sudah terdaftar di dalam platform. Alat analisa menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan alternatif metode varian atau komponen SEM yang disebut sebagai PLS SEM dengan bantuan SmartPLS versi 3.2.6. Hasil menunjukkan bahwa hubungan penerimaan teknologi dengan keinginan untuk berinvestasi tidak signifikan 1.83 (t-hitung < 1,96). Hal ini berarti bahwa teknologi digunakan sebagai platform yang merupakan hal yang umum bagi pendana. Hubungan antara kepercayaan kepada perantara dan peminjam terhadap keinginan berinvestasi mempunyai nilai signifikan 6,82 dan 3,69 (t-hitung > 1,96). Hal tersebut berarti bahwa perantara harus memastikan pendanaan dikelola secara benar dan transparan, serta peminjam harus dapat memastikan pendana bahwa mereka bisa membayar pinjaman tersebut.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167766
      Collections
      • MT - Business [4046]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository