View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Strategi Penyaluran Kredit Pt.Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Sentra Kredit Kecil Bogor

      Thumbnail
      View/Open
      full text (1.733Mb)
      Date
      2015
      Author
      Mitrady, Isyana
      Daryanto, Heny K.
      Maulana, Agus
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Meningkatnya persaingan di dunia perbankan membuat salah satu unit bisnis penyalur kredit PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk yaitu Sentra Kredit Kecil Bogor mengalami penurunan kinerja dari tahun ke tahun. Penurunan kinerja tersebut diukur dari sisi penyaluran kredit yang masih jauh dari target yang ditetapkan manajemen, maupun diukur dari tingkat kredit macet (Non Performing Loan) sebagai indikator tingkat kesehatan bank. Penurunan kinerja tersebut pada akhirnya memaksa SKC Bogor menjadi salah satu unit bisnis kredit dengan kinerja terendah pada tahun 2014. Penelitian ini mengkaji faktor-faktor strategis yang menjadi mempengaruhi perusahaan dalam menjalankan bisnisnya, baik ditinjau dari sisi internal (kekuatan dan kelemahan) maupun sisi eksternal (peluang dan ancaman). Hal tersebut guna melihat efektivitas strategi perusahaan dalam memanfaatkan kekuatan internal dan menangkap peluang yang ada di pasar dalam menghadapi kelemahan internal dan ancaman eksternal. Identifikasi dan evaluasi faktor strategis tersebut digunakan untuk merumuskan beberapa alternatif strategi dan menentukan prioritas strategi bagi perusahaan dalam menyalurkan kredit yang sesuai dengan prinsip kehatihatian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi perusahaan belum cukup efektif dalam menggunakan seluruh kekuatan perusahaan untuk menanggulangi kelemahan perusahaan. Kemudahan pelayanan yang diberikan kepada debitur, komunikasi antara pegawai dengan debitur, dan teknologi yang dimiliki perusahaan secara bankwide menjadi faktor kekuatan dimiliki perusahaan. Sedangkan suku bunga pinjaman di BNI dan lamanya waktu proses pemberian kredit yang tidak jarang melebihi ketentuan menjadi faktor kelemahan yang harus diperbaiki perusahaan. Dari sisi eksternal, strategi perusahaan sudah cukup efektif dalam memanfaatkan peluang yang ada di pasar untuk menghadapi ancaman atau tantangan eksternal. Pangsa pasar BNI di Kota Bogor, perkembangan informasi dan teknologi, serta semakin terbukanya pola pikir masyarakat tentang dunia perbankan menjadi peluang bagi perusahaan. Sedangkan suku bunga dan pricing bank pesaing, serta kondisi ekonomi dalam negeri menjadi ancaman yang harus dihadapi dalam menjalankan bisnisnya. Di samping itu berdasarkan identifikasi dan evaluasi faktor strategis, strategi pemanfaatan supply chain debitur eksisting yaitu dengan menyalurkan kredit kepada pemasok dan pelanggan debitur menjadi strategi prioritas bagi perusahaan dalam melakukan penyaluran kredit secara prudent.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167210
      Collections
      • MT - Business [4046]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository