| dc.contributor.advisor | Yusalina | |
| dc.contributor.author | Manurung, Daniel | |
| dc.date.accessioned | 2025-07-13T00:00:00Z | |
| dc.date.available | 2025-07-13T00:00:00Z | |
| dc.date.issued | 2025 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/164811 | |
| dc.description.abstract | Potensi tanaman hias Indonesia belum dikembangkan dengan maksimal. CV
Minaqu Indonesia memanfaatkan peluang tersebut sebagai perusahaan yang
berfokus
pada penjualan tanaman hias. Penelitian bertujuan untuk
memformulasikan strategi pengembangan usaha tanaman hias di pasar domestik.
Metode analisis yang digunakan, yaitu matriks IFE, EFE, IE, SWOT, dan QSPM.
Perusahaan memiliki peluang utama permintaan terhadap tanaman hias semakin
meningkat seiring dengan tren gaya hidup, kesadaran akan manfaat tanaman hias
dan urbanisasi yang tinggi dan kekuatan utama pada Visi dan Misi yang jelas
dengan skor matriks EFE dan IFE sebesar 3,4117 dan 3,1169. Hasil analisis matriks
IE menunjukkan perusahaan berada pada kuadran satu (Tumbuh dan membangun),
hal tersebut menunjukkan perusahaan memiliki kondisi eksternal dan internal yang
baik. Hasil Matriks SWOT menghasilkan enam alternatif strategi dengan analisis
matriks QSPM menunjukkan melakukan inovasi produk sebagai strategi dengan
prioritas utama. | |
| dc.description.abstract | The potential of Indonesian ornamental plants has not been developed
optimally. CV Minaqu Indonesia takes advantage of this opportunity as a company
that focuses on selling ornamental plants. The study aims to formulate a strategy
for developing ornamental plant businesses in the domestic market. The analysis
methods used are the IFE, EFE, IE, SWOT, and QSPM matrices. The company has
the opportunity for increasing demand for ornamental plants along with lifestyle
trends, awareness of the benefits of ornamental plants and high urbanization and
the main strength in a clear Vision and Mission with EFE and IFE matrix scores of
3.4117 and 3.1169. The results of the IE matrix analysis show that the company is
in quadrant one (Growing and Building), this indicates that the company has good
external and internal conditions. The results of the SWOT matrix produce six
alternative strategies with the QSPM matrix analysis showing product innovation
as a strategy with the main priority. | |
| dc.description.sponsorship | | |
| dc.language.iso | id | |
| dc.publisher | IPB University | id |
| dc.title | Strategi Pengembangan Usaha Tanaman Hias CV Minaqu Indonesia di Pasar Domestik | id |
| dc.title.alternative | CV Minaqu Indonesia's Ornamental Plant Business Development Strategy in the Domestic Market | |
| dc.type | Skripsi | |
| dc.subject.keyword | Tanaman Hias | id |
| dc.subject.keyword | strategi pengembangan usaha | id |