Alokasi pengeluaran keluarga untuk pendidikan, pola asuh akademik orang tua, dan motivasi belajar siswa SMA pada keluarga miskin.
View/ Open
Date
2013Author
Khoirunnisa, Iin
Muflikhati, Istiqlaliyah
Hernawati, Neti
Metadata
Show full item recordAbstract
Masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak menamatkan pendidikannya hingga tingkat SMA karena masalah ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh alokasi pengeluaran keluarga untuk pendidikan dan pola asuh akademik terhadap motivasi belajar siswa SMA. Penelitian ini melibatkan 60 siswa SMA dan ibunya yang berasal dari keluarga miskin penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. Rata-rata pengeluaran yang dialokasikan keluarga untuk pendidikan remaja di tingkat SMA adalah sebesar 16,42 persen dari total pengeluaran keluarga. Pola asuh akademik terdiri dari pola asuh disiplin diri dan dukungan berprestasi. Lebih dari separuh ibu (61,67%) telah menerapkan pola asuh akademik yang baik. Motivasi belajar terdiri dari motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Lebih dari separuh siswa memiliki motivasi belajar yang sedang (51,67%). Hasil uji regresi menunjukkan bahwa faktor yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa adalah pola asuh akademik.
