View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Human Ecology
      • UT - Family and Consumer Sciences
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Human Ecology
      • UT - Family and Consumer Sciences
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Pengaruh Gaya Pengasuhan, Metode Sosialisasi, dan Kecerdasan Emosional Ibu terhadap Karakter Disiplin Anak Usia Prasekolah

      Thumbnail
      View/Open
      Cover (563.9Kb)
      Fulltext (4.700Mb)
      Lampiran (314.7Kb)
      Date
      2024
      Author
      Saputri, Dwi Rizky
      Hastuti, Dwi
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya pengasuhan, metode sosialisasi, dan kecerdasan emosional ibu terhadap karakter disiplin anak usia prasekolah di sekolah progresif dan konvensional. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional study dengan teknik wawancara menggunakan kuesioner serta melibatkan 103 ibu dan anak usia prasekolah di Kota dan Kabupaten Bogor yang dipilih secara purposive dengan pertimbangan lokasi penelitian merupakan TK progresif dan TK konvensional. Analisis data menggunakan uji deskriptif, uji beda, uji korelasi, dan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar ibu menerapkan gaya pengasuhan otoritatif, serta kecerdasan emosional dan metode sosialisasi ibu secara umum termasuk ke dalam kategori sedang. Sementara karakter disiplin anak usia prasekolah termasuk ke dalam kategori sedang. Tidak terdapat perbedaan signifikan antara gaya pengasuhan, metode sosialisasi, kecerdasan emosional ibu, dan karakter disiplin berdasarkan jenis sekolah. Gaya pengasuhan otoritatif dan metode sosialisasi secara total berhubungan positif signifikan dan berpengaruh langsung positif signifikan dengan karakter disiplin. Sementara itu, gaya pengasuhan permisif berhubungan negatif signifikan dengan karakter disiplin. Gaya pengasuhan otoritatif juga ditemukan berpengaruh tidak langsung terhadap karakter disiplin melalui metode sosialisasi. Sementara itu, kecerdasan emosional ibu tidak berpengaruh terhadap karakter disiplin anak.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/159088
      Collections
      • UT - Family and Consumer Sciences [1538]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository