Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Konsumen dalam Melakukan Pinjaman Online (Studi Kasus: Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor)
Abstract
Financial technology (fintech) telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, termasuk di Indonesia. Salah satu fintech yang berkembang namun menuai permasalahan yang menjerat konsumen adalah pinjaman online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pinjaman online di Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan regresi logistik dengan sampel yang diperoleh sebanyak 100 responden di Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan bertransaksi dan waktu pencairan, brand trust, dan tren berpengaruh positif signifikan. Kebutuhan hidup menjadi faktor yang berpengaruh positif namun tidak signifikan. Religiusitas dan literasi keuangan syariah menjadi faktor yang berpengaruh negatif signifikan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pinjaman online.
Collections
- UT - Syariah Economic [452]