Show simple item record

dc.contributor.advisorWidyastuti, Hardiana
dc.contributor.authorMuharani, Elva
dc.date.accessioned2024-08-09T01:57:40Z
dc.date.available2024-08-09T01:57:40Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/156775
dc.description.abstractAir minum dalam kemasan penting untuk memenuhi kebutuhan air minum sehari-hari. Banyak pengguna media sosial yang membagikan pendapat dan pengalamannya terkait produk air minum dalam kemasan. Penelitian ini bertujuan membantu perusahaan memahami opini dan preferensi pelanggan dari media sosial sehingga dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan produk, layanan, dan merek mereka. Data yang digunakan adalah data primer yang berisi postingan dari beberapa media sosial dengan memperhatikan jumlah like, komentar, dan analisis sentimen teks media sosial dalam bentuk data tabel yang dapat divisualisasikan untuk melihat opini dan sentimen pengguna media sosial, dengan kata kunci “Sehat Aqua” dan “Le Mineral”. Proses analisis sentimen menghasilkan diagram sebaran media sosial, grafik trend pembahasan produk, wordcloud, dan grafik perbandingan jumlah like. Hasil analisis sentimen untuk produk Le Minerale lebih positif daripada Aqua. Output dari analisis matriks SIPOC yaitu rekomendasi campaign, strategi media sosial, campaign kesehatan lingkungan, campaign kandungan bromat, saran endorsement, dan strategi campaign kemasan.
dc.description.sponsorshipPribadi
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Perbandingan Campaign di Media Sosial Antara Produk Aqua dan Le Minerale Dengan Menggunakan Metode Sentiment Analysisid
dc.title.alternativeComparative Analysis of Campaigns on Social Media Between Aqua and Le Minerale Products Using Sentiment Analysis Method.
dc.typeSkripsi
dc.subject.keywordsentiment analysisid
dc.subject.keywordAMDKid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record