View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Business
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Inovasi Radikal dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja UMKM: Pembuktian Peran Mediasi Management Capability Pada Usaha Kedai Kopi

      Thumbnail
      View/Open
      Cover (947.3Kb)
      Fulltext (1.294Mb)
      Lampiran (801.3Kb)
      Date
      2024
      Author
      Mahmud, Inkrianto
      Asnawi, Yudha Heryawan
      Yuliati, Lilik Noor
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Di era kemajuan teknologi yang semakin pesat akan mendorong terjadinya inovasi oleh para pelaku usaha dalam memasarkan produknya, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan transformasi pemasaran, dari semula melakukan pemasaran yang konvensional menjadi secara digital. Saat ini, rendahnya tingkat pengetahuan maupun skill menjadi penyebab lemahnya kemampuan dinamis dan kapasitas yang dimiliki UMKM (International Finance Corporation 2016). Tidak hanya itu, kini pandangan mengenai peluang dan atau kemudahan memulai bisnis di era sekarang mungkin juga secara langsung berkaitan dengan yang melatarbelakangi mudahnya seorang wirausaha untuk mengakhiri bisnisnya dan tidak melanjutkan bisnis tersebut. Di dalam bisnis kemampuan manajerial usaha kedai kopi juga penting untuk terus ditingkatkan. Penelitian ini adalah menganalisis bagaimana inovasi radikal dan keunggulan bersaing mempengaruhi kinerja UMKM melalui management capability terhadap usaha kedai kopi. Jumlah responden sebanyak 124 dipilih secara probability sampling dari jumlah UMKM khususnya kedai usaha kopi pada kriteria minimal 6 bulan beroperasi atau sedang berjalan. Data ini dikumpulkan dengan mengisi kuisioner secara online (Google form) bagi responden pemilik usaha kedai kopi dan data dianalisis menggunakan analisis SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa usaha kedai kopi dipengaruhi secara signifikan oleh inovasi radikal memberikan dampak positif terhadap management capability, keunggulan bersaing terhadap management capability, serta inovasi radikal terhadap kinerja UMKM melalui management capability, namun keunggulan bersaing terhadap kinerja, keunggulan bersaing terhadap kinerja UMKM melalui management capability usaha kedai kopi yang diuji secara langsung tidak memberikan pengaruh. Ini sangat penting diterapkan oleh UMKM usaha kedai kopi, agar dapat bersaing di era teknologi saat ini. Sebab, masyarakat di Kota Gorontalo mindsetnya terus berkembang dari konvensional hingga melakukan secara digital. Inovasi secara radikal dan persaingan ini penting menjadi masukan bagi pemilik usaha kedai kopi untuk diterapkan di masing-masing UMKM agar UMKM terus maju di tengah arus globalisasi. Kemampuan manajerial juga penting dilakukan di dalam meningkatkan sumber daya manusia khususnya karyawan di dalam menjalankan pelayanan pada setiap usaha yang dijalankan, agar pelayanan, pendapatan usaha, penjualan terus meningkat kinerjanya pada usaha tersebut. Implikasi manajerial berdasarkan hasil tersebut analisis yang diberikan rata-rata pemilik usaha kedai kopi berkisar 20-30 tahun dengan pendapatan masingmasing usaha yang dijalankan Rp 5.000.000- Rp 10.000.000 perbulan. Dari analisis ini ternyata usia produktif yang menjalankan usaha tersebut. Juga usaha kedai kopi yang dijalankan rata-rata 6 bulan dan 2 tahun beroperasi. Strategi marketing yang dijalankan juga inovasi yang dihasilkan mendorong produktifitas pemilik terhadap usaha kedai kopi mulai dari promosi, inovasi produk, kualitas hingga harga yang ditawarkan. Pemerintah Kota Gorontalo perlu mendorong UMKM usaha kedai kopi v di dalam meningkatkan kinerja usaha kedai kopi agar pendapatan meningkat dan mendorong perekonomian di Kota Gorontalo. Pemerintah agar memberikan pelatihan khusus di dalam meningkatkan mindset pemilik usaha kedai kopi. Sebab, persaingan di dalam melakukan transformasi digital penting dilakukan. Dikarenakan konsumen melihat usaha kedai kopi yang kekinian dan memberikan kenyamanan bagi konsumen dalam hal melakukan aktivitas pada usaha kedai kopi. Usaha kedai kopi menjadi salah satu tempat untuk beraktifitas masyarakat khusus di Kota Gorontalo dan ini perlu diperhatikan oleh pemerintah daerah. Oleh sebab itu, UMKM usaha kedai kopi menerapkan inovasi radikal, keunggulan bersaing dan management capability di dalam meningkatkan kinerja UMKM agar terus dapat bersaing dengan UMKM lainnya.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/154315
      Collections
      • MT - Business [4046]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository